PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD CIAWI KABUPATEN BOGOR

Yusup, Mohamad (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD CIAWI KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Djuanda.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (58kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)

Abstract

Mohamad Yusup, Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Djuanda Bogor,2020. Rumah sakit memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Dalam perkembangan teknologi yang pesat dan persaingan yang semakin ketat, maka rumah sakit dituntut untuk melakukan peningkatan kualitas pelayanannya. Kualitas merupakan inti kelangsungan hidup sebuah lembaga. Masalah utama sebagai sebuah lembaga jasa pelayanan kesehatan adalah semakin banyaknya pesaing. Oleh karena itu, rumah sakit dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan konsumen dengan meningkatkan kualitas pelayanan agar kepuasan konsumennya meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan pendaftaran online terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Ciawi Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan asosiatif yaitu penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulan. Penelitian ini berkaitan dengan dua variabel yaitu vaiabel (X) kualitas pelayanan dan Variabel (Y) kepuasan pasien, responden dalam penelitian ini berjumlah 99 responden, data kuesioner tersebut kemudian dianalisis dengan perhitungan korelasi rank spearman, koefisien determinasi dan uji signifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan korelasi sebesar 0,659 dengan kategori kuat dengan arah hubungan positif artinya hubungan yang searah, dapat diartikan jika kualitas pelayanan meningkat maka tingkat kepuasan pasien akan terpenuhi. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan kualitas pelayanan pendaftran online terhadap kepuasan pasien sebesar 43,4 % sedangkan sisanya sebesar 56,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Uji hipotesis t hitung > t tabel (13,02) > (1,6607) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian hopotesis diterima Kata kunci : Kualitas pelayanan, Kepuasan pasien rawat jalan, RSUD Ciawi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Administrasi Publik
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:48
Last Modified: 13 Aug 2021 03:48
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/843

Actions (login required)

View Item View Item