PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TULISAN BERANTAI (CHAIN WRITING) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS IV SDN 1 KOMPA SUKABUMI

YULIANTO, AGUS (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TULISAN BERANTAI (CHAIN WRITING) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS IV SDN 1 KOMPA SUKABUMI. ["eprint_fieldopt_thesis_type_sarjana" not defined] thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (200kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)

Abstract

Agus Yulianto. 2020. Pengaruh Metode Pembelajaran Tulisan Berantai (Chain Writing) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas Iv Sdn 1 Kompa Sukabumi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembelajaran pada dasarnya merupakan upaya untuk mengarahkan anak didik dalam proses belajar sehingga mereka dapat memperoleh tujuan belajar sesuai dengan apa yang diharapkan. Berdasarkan penelitian Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS) dalam bidang membaca pada peserta didik seluruh dunia dibawah koordinasi The International Association for Evaluation of Educational Achievement (IEA) yang diikuti 45 negara atau negara bagian, baik berasal dari negara maju maupun dari negara berkembang, hasilnya memperlihatkan bahwa peserta didik Indonesia berada pada peringkat ke 42 yang dilakukan objek penelitian minat baca dan menulis dengan jumlah skor 428. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian terhadap keterampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis teks eksposisi siswa menggunakan metode pembelajaran chain writing. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Kompa, yang terletak di Jl.Raya Parungkuda No. 13, Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Khususnya di kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi, desain penelitian yang digunakan adalah Only Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA sebanyak 32 siswa dan kelas IVC sebanyak 25 siswa. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes produk, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil akhir uji two sample t-test pada keterampilan menulis teks eksposisi siswa diperoleh signifikansi hitung yakni 0,000 < 0,05. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode pembelajaran chain writing efektif dalam keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas IV SDN 1 Kompa Sukabumi. Kata kunci: Metode Pembelajaran Chain Writing, Teks Eksposisi, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_sarjana" not defined])
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Chain Writing, Teks Eksposisi, Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 26 Aug 2021 08:05
Last Modified: 26 Aug 2021 08:05
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item View Item