MARDIANA, IDA (2020) PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN KERTAMAYA KOTA BOGOR. Other thesis, Universitas Djuanda Bogor.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (13kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
da Mardiana. NIM. H1610109. Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Kertamaya. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. Metode diskusi merupakan suatu metode pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk berdialog dan bertukar pendapat dengan tujuan agar siswa terdorong untuk berpartisipasi aktif, termotivasi dan mendapatkan pemahaman pembelajaran yang bermakna dan melatih pembentukan sikap bertanggung jawab dalam memecahkan permasalahan dalam kegiatan belajar. Permasalahan utama yang terjadi di lapangan yaitu rendahnya motivasi dan hasil belajar IPA siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menerapkan metode pembelajaran diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode diskusi terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Kertamaya Kota Bogor. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain nonequivalent control group desain. Data diperoleh dengan menggunakan teknik tes hasil belajar, angket, observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai t hitung > t tabel (4,793 > 1,999) dengan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 ( p = 0,000 < 0,005). Dan hasil motivasi belajar siswa memperoleh nilai t hitung > t tabel ( 12,195 > 1,999) dengan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 ( p = 0,000 < 0,05). Hasil dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode diskusi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kertamaya Kota Bogor. Kata kunci: Metode Diskusi, Motivasi, Hasil Belajar, IPA
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Diskusi, Motivasi, Hasil Belajar, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 02:07 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 02:07 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/864 |
Actions (login required)
View Item |