PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI IPA DI SDN SILIWANGI

JANUATI, RISNA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI IPA DI SDN SILIWANGI. Other thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)

Abstract

Risna Januati, NIM: H.1610226 “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi IPA Di SDN Siliwangi”. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap kreativitas siswa. Latar belakang permasalahan penelitian ini yakni kurangnya pemakaian media pembelajaran audiovisual dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan Desain penelitian menggunakan posttest only control group design, terdapat 2 kelas pada penelitian ini yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setiap kelas mendapatkan 3 kali treatment dan 1 kali posttest. Sample penelitian ini sebanyak 56 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi dan penilaian hasil kreativitas siswa. Adapun pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t-test menggunakan independent simple t-test untuk membandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil pembahasan tentang penggunaan media pembelajaran video, peneliti mengambil simpulan bahwa penggunaan media pembelajaran video sangat efektif diterapkan. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data uji independent sampel t-test pada taraf signifikansi 5% pada kreativitas siswa, diperoleh nilai signifikansi hitung lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,001, maka nilai Sig. < 0,05 = (0,001 < 0,05). Kata kunci : Media Pembelajaran, Audio Visual, IPA, Kreativitas

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual, IPA, Kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2021 03:40
Last Modified: 31 Aug 2021 03:40
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/873

Actions (login required)

View Item View Item