JANUATI, RISNA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI IPA DI SDN SILIWANGI. Other thesis, Universitas Djuanda Bogor.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) |
Abstract
Risna Januati, NIM: H.1610226 “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi IPA Di SDN Siliwangi”. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap kreativitas siswa. Latar belakang permasalahan penelitian ini yakni kurangnya pemakaian media pembelajaran audiovisual dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan Desain penelitian menggunakan posttest only control group design, terdapat 2 kelas pada penelitian ini yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setiap kelas mendapatkan 3 kali treatment dan 1 kali posttest. Sample penelitian ini sebanyak 56 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi dan penilaian hasil kreativitas siswa. Adapun pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t-test menggunakan independent simple t-test untuk membandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil pembahasan tentang penggunaan media pembelajaran video, peneliti mengambil simpulan bahwa penggunaan media pembelajaran video sangat efektif diterapkan. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data uji independent sampel t-test pada taraf signifikansi 5% pada kreativitas siswa, diperoleh nilai signifikansi hitung lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,001, maka nilai Sig. < 0,05 = (0,001 < 0,05). Kata kunci : Media Pembelajaran, Audio Visual, IPA, Kreativitas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Audio Visual, IPA, Kreativitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 03:40 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 03:40 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/873 |
Actions (login required)
View Item |