PENGARUH MEDIA KULIT KERANG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 17 TANJUNGPANDAN

DAMAYANTI, IRA (2020) PENGARUH MEDIA KULIT KERANG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 17 TANJUNGPANDAN. Other thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)

Abstract

Ira Damayanti. NIM: H.1610070. Pengaruh Media Kulit Kerang Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Peserta Didik Kelas V SDN 17 Tanjungpandan. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. 2016. Matematika termasuk salah satu ilmu pendidikan yang sangat penting karena dimana ilmu ini sangat berhubungan erat dengan penyelesaian masalah yang kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataan di masyarakat luar matematika merupakan pembelajaran yang sangat sulit sehingga banyak yang tidak memahami bagaimana matematika itu sendiri. Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang bisa digunakan guru untuk menunjang pembelajaran agar lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan media kulit kerang sebagai media pembelajaran yang dijadikan tolak ukur untuk mengetahui apakah media kulit kerang berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain posttest only group design. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas V di SDN 17 Tanjungpandan, dimana V.2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas V.3 sebagai kelompok kontrol yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pada penelitian ini kedua kelompok diberikan posttest yang hasilnya kemudian dianalisis pada analisis deskriptif dan inferensial menggunakan bantuan SPSS 20.0. Dari hasil posttest t hitung (0,059)> r tabel (0,05), hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh media kulit kerang terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas V, hal ini diakibatkan oleh beberapa alasan. Kata Kunci: Media Kulit Kerang dan Pemahaman Konsep Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Kulit Kerang dan Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:09
Last Modified: 31 Aug 2021 04:09
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/876

Actions (login required)

View Item View Item