Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar.

FITRIYANI, ELITA (2020) Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Other thesis, FKIP.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)

Abstract

E.Lita Fitriyani NIM: H. 1610020 Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara rinci tentang kurikulum pembelajaran tematik, pelaksanaan pembelajaran tematik dan kendala-kendala dan solusi dalam keterlaksanaan pembelajaran tematik di SDN Cibaregbeg. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan data menggunakan Model analisis dari Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan di sekolah dasar adalah kurikulum 2013, adapun pelaksanaan pembelajaran tematik kelas I, II, dan III di SDN Cibaregbeg sudah terlaksana, namun belum maksimal, dikarenakan ada kendala-kendala yang menghambat pelaksanaan pembelajaran tematik seperti kurangnya sumber belajar, terbatasnya sarana dan prasarana, kapasitas siswa di kelas yang terlalu banyak sehingga membuat pembelajaran menjadi kurang efektif, kurangnya kesadaran guru dalam membuat materi pembelajaran, kurangnya pemahaman peserta didik, Solusi dalam mengatasi kendala pembelajaran tematik yaitu dengan diadakannya workshop, pelatihan dan KKG baik tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa keterlaksanaan pembelajaran tematik akan mudah diterapkan apabila guru memiliki kompetensi sebagai pendidik dan mampu untuk kreatif, inovatif, dan profesional. Keywords : Analisis, Pembelajaran tematik, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pembelajaran tematik, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:00
Last Modified: 06 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item View Item