STANDARISASI AKADEMIK PONDOK PESANTREN MODEL GONTOR RAFAH

Tahir, Muhamad Turmuzi (2020) STANDARISASI AKADEMIK PONDOK PESANTREN MODEL GONTOR RAFAH. Diploma thesis, Universitas Djuanda.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)

Abstract

Muhamad Turmuzi Tahir NIM F.1610783. Pondok pesantren Darussalam Gontor merupakan pesantren yang banyak diminati oleh para peserta didik, hal ini merupakan dari proses implementasi kurikulum serta kegiatan belajar mengajar yang profesional. Oleh karena itu beberapa pesantren menggunakan kurikulum model Gontor. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum model Gontor dan proses kegiatan belajar mengajar di pondok pesantren Rafah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan uji kredibilitas tringulasi data, dan teknik. Subjek penelitian ini adalah pimpinan pesantren, Direktur TMI dan Staf TMI. Hasil penelitian ini di dalam proses implementasi kurikulum di pondok pesantren Rafah yang menggunakan kurikulum TMI di implementasikan dengan Silabus TMI, buku pelajaran bersumber dari Gontor dan SDM yang memahami kurikulum TMI serta kegiatankegiatan yang mendukung atas tercapainya visi dan misi pondok pesantren Rafah, hal ini di kelola dengan efektif dan efisien dengan berbagai program yang dilakukan oleh dewan guru, pondok pesantren Rafah menjadikan program Tahfiz menjadi program unggulan, yang mana pengelolaan waktu program tahfiz dengan kurikulum TMI dikelola dengan baik, serta persiapan SDM guru Tahfiz yang profesional dan proses KTT di pesantren Rafah dilakukan dengan berbagai persiapan oleh guru pengajar, staf TMI dan para santri. Persiapan bagi guru pengajar yaitu I’dad pelajaran yang akan diajarkan, sedangkan untuk staf TMI mengontrol santri di asrama untuk mengikuti kegiatan KTT. Materi pembelajaran mengikuti silabus dari Gontor sendiri, sedangkan media pembelajaran disiapkan oleh guru sendiri dan di bantu oleh Staf TMI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 01 Oct 2021 02:46
Last Modified: 01 Oct 2021 02:46
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/992

Actions (login required)

View Item View Item