METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS DALAM MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMP INSAN KAMIL BOGOR

Choirunisa, Yusi Sundari (2020) METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS DALAM MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMP INSAN KAMIL BOGOR. Diploma thesis, Universitas Djuanda.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Yusi Sundari Choirunisa. NIM : F.1610433 Metode Analytic Network Process Dalam Meningkatkan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di SMP Insan Kamil Bogor. Skripsi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dengan metode Analytic Network Process serta implementasinya melalui teori bauran pemasaran dan menemukan faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran di SMP Insan Kamil Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, penyebaran angket, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil bidang kesiswaan, wakil bidang humas, siswa dan alumni. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, strategi pemasaran yang paling efektif adalah melalui Analytic Network Process yaitu strategi pemasaran secara langsung dengan sub kriteria sosialisasi, nilai geomean yang dihasilkan sebesar 2.00. Kedua, implementasi pemasaran dengan menerapkan teori bauran pemasaran yaitu; produk, harga, tempat/lokasi, promosi, sumber daya manusia, bukti fisik, dan proses. Ketiga, faktor pendukung yaitu; stakeholder yang saling bekerjasama, diantaranya majelis Al-ihya sebagai point center, website yang menyediakan informasi secara lengkap, biaya yang terjangkau, menerapkan kurikulum berbasis islam, banyaknya kegiatan promosi yang dilaksanakan, dan adanya pondok pesantren. Keempat, faktor penghambat yaitu; munculnya sekolah umum yang menerapkan kurikulum berbasis islam dan tidak adanya dana tetap dari pemerintah sehingga SMP Insan Kamil Bogor selalu berhati-hati dalam melaksanakan kegiatan promosi yang memerlukan biaya cukup besar. Kata Kunci : Metode, Strategi, Pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 01 Oct 2021 02:55
Last Modified: 01 Oct 2021 02:55
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/995

Actions (login required)

View Item View Item