UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DI KELAS V SDN GUNUNG BUNDER 05 KECAMATAN PAMIJAHAN

Choeriyah, Yayah (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DI KELAS V SDN GUNUNG BUNDER 05 KECAMATAN PAMIJAHAN. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yayah Choeriyah : NIM : H.1611207, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Siswa Melalui Media Pembelajaran Audio Visual di Kelas V SDN Gunung Bunder 05 Kecamatan Pamijahan” Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda. 2020 Berdasarkan observasi pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN Gunung Bunder 05 Kecamatan Pamijahan diperoleh informasi masalah antara lain terlihat siswa tidak konsentrasi untuk menyimak, tidak tertarik dalam pembelajaran dan tidak fokus apa yang disampaikan guru. Terutama ketika guru mengajukan pertanyaan banyak siswa yang masih bingung dan siswa kesulitan menjawab soal cerita. Hal ini yang menyebabkan hasil kemampuan menyimak siswa masih rendah. Dari jumlah siswa 29 siswa kels V, 13 orang siswa atau 44,83% yang mendapat nilai di atas 67 sedangkan 16 orang siswa atau sebesar 55,17% mendapat nilai dibawah 67. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: untuk mengetahui sejauh mana penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dalam meningkatkan kemampuan menyimak cerita siswa kelas V SDN Gunung Bunder 05 Kecamatan Pamijahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan tes pascatindakan siklus I dapat diketahui adanya peningkatan nilai rata-rata ketuntasan dari tes pratindakan ke tes pascatindakan siklus I yaitu dari 44.83% (13 orang siswa) menjadi 68.97%. (20 orang siswa) Kemudian pada siklus II terjadi lagi peningkatan rata-rata ketuntasan (KKM) menjadi 96,30% (26 orang siswa). Berdasarkan uraian pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil kemampuan menyimak cerita anak. Seluruh siswa kelas V SDN Gunung Bunder 05 Pamijahan-Bogor sudah memenuhi batas nilai minimal, sehingga penelitian tidak dilanjutkan ke siklus III, dan dihentikan pada siklus II. Demikian juga pada guru. Berdasarkan hasil penilaian dalam kegiatan refleksi yang dilakukan oleh dua orang observer sebagai teman sejawat dalam menilai keaktifan guru pada siklus 1 dan 2, disimpulkan bahwa terjadi perubahan keaktifan guru pada siklus 2 diabandingkan dengan keaktifan guru pada siklus 1. Hal ini dibuktikan dari perolehan skor rata-rata keaktifan guru yang menunjukkan angka sebesar 6,9 pada siklus 1 dan mengalami kenaikan menajdi 7,1 pada siklus 2. Dengan demikian untuk keaktifan guru dinyatakan sudah baik Kata Kunci : kemampuan menyimak, cerita, audio visual,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menyimak, cerita, audio visual,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:40
Last Modified: 05 Apr 2022 03:40
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1825

Actions (login required)

View Item View Item