PENGGUNAAN METODE BERHITUNG JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA SISWA KELAS III SDN KAUMPANDAK 05

HIDAYAT, AHMAD FAUZI (2021) PENGGUNAAN METODE BERHITUNG JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA SISWA KELAS III SDN KAUMPANDAK 05. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Ahmad Fauzi Hidayat. NIM: H.1511225. Penggunaan Metode Berhitung Jarimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Kelas III SDN Kaumpandak 05. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2021. Dalam kegiatan pembelajaran, guru harus dinamis, kreatif dan inovatif dalam memilih dan menggunakan teknik serta metode yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa.. Salah satu teknik berhitung yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika adalah teknik berhitung Jarimatika. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, reaksi siswa, dan kemampuan berhitung dengan menerapkan teknik berhitung Jarimatika pada pembelajaran matematika. Aktivitas meningkatkan kemampuan berhitung siswa dengan cara menerapkan metode berhitung Jarimatika pada pembelajaran matematika di SDN Kaumpandak 05, serta untuk meningkatkan aktivitas siswa dan reaksi siswa terhadap pelajaran matematika. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kaumpandak 05 yang berjumlah 17 siswa dengan KKM 67 individual dan KKM klasikal 80% dengan menggunakan metode pengumpulan data secara deskriptif melalui: (l) lembar observasi ( 2) Analisis soal sebelum dan sesudah ujian (3) ditinjau dari persentase jawaban. Hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I mendapatkan jumlah persentase sebesar 69,44%, siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,72%, dan pada siklus III meningkat kembali menjadi sebesar 91,67%. (2) hasil viii penelitian aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan nilai sebesar 66,67%, meningkat pada siklus II meningkat menjadi 77,78%, dan meningkat kembali pada siklus III menjadi 93,06%. Hasil belajar siswa pada siklus I 64,70%, siklus II meningkat 82,35%, dan siklus III meningkat 94,11%. Pendapat siswa pada penerapan teknik berhitung Jarimatika di kelas adalah 74,82% siswa menjawab sangat setuju, 21,23% siswa menjawab setuju dan 3,95% menjawab tidak setuju. Berdasarkan hasil survey diketahui bahwa dengan penerapan metode Jarimatika siswa SDN Kaumpandak 05 Kelas IIIa dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada mata pelajaran matematika. Kata kunci: metode jarimatika, kemampuan berhitung

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 25 Nov 2022 08:23
Last Modified: 25 Nov 2022 08:23
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2204

Actions (login required)

View Item View Item