KOMPETENSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL MARKETING OFFICER DI PT. SARANA SUMUT VENTURA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH

Rizkiya, Dinda (2022) KOMPETENSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL MARKETING OFFICER DI PT. SARANA SUMUT VENTURA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (613kB) | Preview

Abstract

DINDA RIZKIYA, Program Studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komputer, Universitas Djuanda, 2022, Kompetensi Komunikasi Interpersonal Marketing officer dalam meningkatkan loyalitas nasabah pada bidang jasa pelayanan modal usaha masyarakat kecil menengah, pembimbing I : Hj. Sukarelawati., Dra., M.Si, Pembimbing II : Desi Hasbiah, S.Si., M.I.Kom. PT. Sarana Sumut Ventura atau yang biasa disebut Sumut Ventura adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha pembiayaan ventura. Dalam operasional perusahaan, Sumut Ventura memberikan pembiayaan kepada sektor Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Perusahaan ini memiliki 700 Marketing officer dari seluruh cabang perusahaan, jumlah ini lebih banyak dibanding dengan bagian lain yang berjumlah hanya sekitar 300 pegawai. Dalam dunia Bisnis dan pemasaran, komunikasi menjadi pondasi dasar yang harus dimiliki oleh setiap pelakunya, bukan hanya dalam hal penjualan produk dan jasa, komunikasi juga berperan dalam menjaga hubungan baik dengan nasabah baru dan nasabah lama, menjaga hubungan baik ini tentu harus dilakukan dengan kemampuan kompetensi komunikasi interpersonal yang baik dari setiap pelaku perusahaan salah satunya adalah Marketing Officer. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana kompetensi Komunikasi Interpersonal Marketing Officer di PT. Sarana Sumut Ventura Bogor Barat. Serta untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh PT. Sarana Sumut Ventura dalam meningkatkan loyalitas nasabah melalui penggunaan Kompetensi Komunikasi Interpersonal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kulitatif deskriptif, dimana peneliti mendeskripsikan atau mengkonstruksi wawancara-wawancara terhadap subjek penelitian. Metode penelitian deskriptif kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari subjek penelitian dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian ini adalah PT. Sarana Sumut Ventura telah menerapkan teori Kompetensi Komunikasi Interpersonal mengacu ketigaa indikator yakni Pengetahuan, Kemampuan dan Motivasi. Hal ini dibuktikan pada table penambahan jumlah nasabah top up dan nasabah yang pembayarannya lancar disetiap minggunya. Kesimpulan pada Kompetensi komunikasi interpersonal marketing officer dalam proses pelayanan modal usaha masyarakat kecil menengah di PT Sarana Sumut Sumatera menggunakan 3 kompetensi yaitu pengetahuan, kemampuan dan motivasi. Proses yang dilakukan oleh Marketing Officer di PT. Sarana Sumut Ventura Bogor barat telah berkontribusi dalam meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan nasabah sehingga membentuk loyalitas dari nasabah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi komunikasi Interpersonal, Pelayanan Nasabah, Loyalitas Nasabah
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Komunikasi
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:43
Last Modified: 26 Dec 2022 02:43
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2277

Actions (login required)

View Item View Item