ANALISIS STANDAR PELAYANAN DISTRIBUSI AIR BERSIH PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA PAKUAN KOTA BOGOR

Firmansyah, Firmansyah (2021) ANALISIS STANDAR PELAYANAN DISTRIBUSI AIR BERSIH PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA PAKUAN KOTA BOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Firmansyah, Program Studi Administrasi Publik,Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Djuanda Bogor 2020. Analisis Standar Pelayanan Distribusi Air Bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor. Pembimbing I R. Akhmad Munjin, Drs., M.Si., Pembimbing II Ginung Pratidina, Dra., M.Si. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor Merupakan sebuah perusahaan daerah yang memiliki wewenang dalam penyediaan kebutuhan konsumsi air bersih bagi masyarakat dikota Bogor tetapi pada prosesnya dilihat dari standar kualitas, kuantitas dan kontinuitas masih banyak keluhan/pengaduan dari pelanggan terkait layanan distribusi air bersih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui standar pelayanan distribusi air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor. Teori yang dipakai peneliti menggunakan Pelayanan Publik dari salah satu teori Ridwan dan Sudrajat (2009:103) yaitu standar pelayanan publik melalui indikator prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, dan kompetensi petugas pemberi pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan rumus weight mean score (WMS) teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling dengan jenis teknik sampling yaitu Accidental Sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Standar Pelayanan Distribusi Air Bersih PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor menurut responden termasuk kriteria baik. Hal ini dijelaskan dalam pelayanan layanan distribusi air bersih sudah optimal dari segi kualitas, kuantitas dan kontinuitas. Standar pelayanan Distribusi Air Bersih PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dilakukan dengan baik, dengan nilai rata-rata sebesar 3,78. Dimensi dengan penilaian tertinggi pada dimensi sarana dan prasarana 4,46 hal ini menunjukan bahwa pelayanan distribusi air bersih telah didukung dengan fasilitas yang baik dan memadai sehingga pelayanan distribusi air bersih bisa berjalan dengan baik dan optimal, sedangkan dimensi dengan penilaian terendah ada pada dimensi biaya pelayanan dengan nilai rata-rata 3,73. Hal ini menunjukan bahwa ketidakpuasan masyarakat/pelanggan layanan air bersih terhadap biaya/tarif yang telah ditetapkan oleh PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor.V

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Distribusi, Air Bersih
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Administrasi Publik
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 11 Jan 2023 04:04
Last Modified: 11 Jan 2023 04:04
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2639

Actions (login required)

View Item View Item