KOMUNIKASI INTERPERSONAL SEBAGAI MOTIVASI SISWA DALAM MERAIH PENDIDIKAN TINGGI SKRIPSI

Ahmad Cholis, Cahaya (2021) KOMUNIKASI INTERPERSONAL SEBAGAI MOTIVASI SISWA DALAM MERAIH PENDIDIKAN TINGGI SKRIPSI. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

CAHAYA AHMAD CHOLIS, Program Studi Sains Komunikasi,Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Djuanda, 2020, Komunikasi Interpersonal Sebagai Motivasi Siswa Dalam Meraih Pendidikan Tinggi (Studi Pada SMA Negeri 1 Ciawi), Pembimbing I:, Ike Atikah Ratnamulyani, S.Sos., M.M., M.Si Pembimbing II: Ali Alamsyah Kusumadinata, SP., M.Si. Komunikasi interpersonal terjadi dengan siapapun dan dimanapun, salah satunya komunikasi interpersonal antar guru dan siswa di SMA Negeri 1 Ciawi. Permasalahan siswa SMA Negeri 1 Ciawi yaitu siswa yang kurang menerima komunikasi guru dan siswa yang kurang termotivasi untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal sebagai motivasi belajar siswa dalam meraih pendidikan tinggi. Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, data primer diperoleh dengan teknik observasi dan wawancara sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi dan data lapangan. Proses komunikasi interpersonal guru dan siswa di SMA Negeri 1 Ciawi berjalan dengan dua arah, guru mengkomunikasikan materi dan siswa bertanya kepada guru, respon guru dan siswa juga menunjukkan arah komunikasi yang efektif dimana guru sangat positif, antusias dan responsif terhadap pertanyaan siswa, sedangkan siswa juga senang dengan materi dan jawaban dari guru, apalagi dengan pembawaan guru yang baik. Analisis menggunakan Hymes menyebutkan komponen etnografi komunikasi interpersonal disusun menjadi akronim SPEAKING digambarkan dalam bahasa Inggris, yang meliputi: (1) Situation (situasi berkenaan dengan waktu dan tempat), (2) Participants (pihak-pihak yang terlibat dalam pertuturan, yakni komunikator dan komunikan), (3) Ends (yaitu maksud dan tujuan komunikasi), (4) Art Sequences (bentuk komunikasi, berkenaan dengan kata-kata yang digunakan), (5) Key (nada, cara, semangat, volume suara pada kata tertentu), (6) Instrumentalities (media komunikasi), (7) Norms (aturan dalam komunikasi), dan (8) Genres (bentuk komunikasi). Motivasi di penelitian ini meliputi (1) dorongan (bentuk motivasi), (2) arah (motivasi guru dan teman siswa khusus bagi siswa yang kurang termotivasi) dan (3) penyeleksian perbuatan (tujuan motivasi guru berupa hal yang harus atau dilarang dilakukan oleh siswa). Kesimpulan penelitian ini yaitu komunikasi motivasi mengarah kepada tujuan siswa agar mereka dapat melanjutkan ke pendidikan tinggi yang sesuai dengan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Motivasi Siswa, Pendidikan Tinggi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:43
Last Modified: 12 Jan 2023 07:43
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2667

Actions (login required)

View Item View Item