EFEKTIVITAS KEGIATAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA ADAPTASI KEBIASAAN BARU PASCA PANDEMI DI SDIT AL ISHMAH

Nur Syifa, Jihan (2022) EFEKTIVITAS KEGIATAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA ADAPTASI KEBIASAAN BARU PASCA PANDEMI DI SDIT AL ISHMAH. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
halaman Judul.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Jihan Nur Syifa, NIM: H.1710525. Efektivitas Kegiatan Pembelajaran Tahfidz Alquran Pada Adaptasi Kebiasaan Baru Pasca Pandemi di SDIT Al Ishmah. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor.2022. Kata Kunci : Efektivitas, Kegiatan Pembelajaran, Adaptasi Kebiasaan Baru (XV+84+Lampiran) Tujuan dari penelitian ini adalah, 1. Mengetahui apakah pembelajaran tahfidz efektif pada masa adaptasi kebiasaan baru pasca pandemi, 2. Mengetahui apa kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran tahfidz pada adaptasi kebiasaan baru pasca pandemi. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan (1) Kegiatan pembelajaran tahfidz pada adaptasi kebiasaan baru pasca pandemi pada intinya sudah efektif. Dengan adanya metode ummi untuk pembelajaran Alquran menjadikan pembelajaran tahfidz mudah, baik dan menyenangkan, sehingga para siswapun senang dan bersemangat untuk menghafal Alquran dan mengaji. Pada jaman sekarang kita kekurangan manusia yang mau mempelajari Alquran, banyak orang pintar tetapi tidak bisa membaca ayat suci Alquran. Karena percuma saja ketika kita pintar tetapi tidak bisa membaca Ayat suci Alquran itu akan berdampak kurang menguntungkan bagi dirinya sendiri. Adapun kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Alquran pada masa adptasi kebiasaan baru (2) Kelebihan dalam kegiatan pembelajaran Tahfidz Alquran yaitu pembelajaran mulai meningkat kembali dibandingkan pada saat pandemi, pembelajaran jadi kondusif dan bisa tertata dengan baik siswanya, dan mudah untuk membenarkan jika ada yang salah. Adapun kekurangan dalam kegiatan pembelajaran Tahfidz Alquran pasca pandemi ini yaitu Berkurangnya waktu pembelajaran tahfidz, Kemampuan yang dimiliki peserta didik itu berbeda-beda maka butuh bradaptasi kembali dengan guru jika ada peserta didik yang masih belum lancar membaca iqra/Alquran, dan Interaksi siswa dan guru kurang maksimal, memakai masker saat pembelajaran berlangsung, dan harus menjaga jarak aman dengan teman-teman. Saran dari penulis untuk akademisi agar mencari sumber dan referensi sebnayak-banyaknya

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:16
Last Modified: 16 Jan 2023 02:51
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2682

Actions (login required)

View Item View Item