ANALISIS MODEL PENDEKATAN SOSIO-EMOSIONAL DALAM PENGELOLAAN KELAS BERBASIS BLENDED DI MASA PANDEMI (Studi Kasus di Kelas XI SMK YMA Mega Mendung)

Milenia Vebriyanti., Mega (2022) ANALISIS MODEL PENDEKATAN SOSIO-EMOSIONAL DALAM PENGELOLAAN KELAS BERBASIS BLENDED DI MASA PANDEMI (Studi Kasus di Kelas XI SMK YMA Mega Mendung). Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul-2.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-2.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text
BAB I-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB II-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
BAB III-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB V-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-2.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Mega Milenia Vebriyanti. Nim F.1810721. Analisis Model Pendekatan Sosio Emosional dalam Pengelolaan Kelas Berbasis Blended di Masa Pandemi: Studi Kasus Kelas XI SMK YMA Mega Mendung. Skripsi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru, Universitas Djuanda Bogor. 2018. Sistem berbasis blended ini menjawab keresahan sekolah terkait proses pembelajaran daring yang memiliki banyak kendala dan keluhan dari peserta didik, guru, maupun orangtua siswa. Namun dalam tahap penyesuaian kondisi dan suasana belajar, terutama pada kesiapan pikiran serta semangat anak dalam melakukan pembelajaran tatap muka, guru memerlukan strategi atau perhatian yang lebih untuk mengembalikan gairah serta fokus peserta didik dalam pembelajaran. Hal tersebut memerlukan pendekatan yang berorientasi pada penciptaan kedekatan dan pengenalan secara utuh, yaitu pendekatan sosio emosional. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Penerapan pendekatan sosio emosional oleh guru dalam pengelolaan kelas XI dengan sistem berbasis blended di Masa Pandemi, 2) Penerapan pendekatan sosio emosional pada siswa dalam pengelolaan kelas XI dengan sistem berbasis blended di masa pandemi, 3) Penerapan pendekatan sosio emosional pada proses pembelajaran dalam pengelolaan kelas dengan sistem berbasis blended di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara kepada 14 informan penelitian, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Guru sudah menerapkan tiga dari lima karakteristik untuk menciptakan iklim sosio emosional yang baik yaitu, (a) adanya kebebasan, (b) saling ketergantungan, dan (c) saling memenuhi kebutuhan. Adapun sikap responsif belum dimiliki guru secara keseluruhan, namun sudah dimiliki oleh siswa. Sedangkan keterbukaan antara pendidik dan peserta didik memang belum ada tercipta. Kemudian ada lima dari enam prinsip yang harus diketahui yang sudah diterapkan oleh guru kelas XI, yaitu: (a) Hangat dan antusias, (b) Tantangan, (c) Bervariasi, (d) Keluwesan, dan (e) menekankan pada hal-hal positif. Adapun prinsip penanaman disiplin diri memang belum diterapkan secara maksimal oleh guru dalam melakukan tindak lanjut kepada peserta didik yang melakukan pelanggara

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: endekatan Sosio Emosional, Pengelolaan Kelas, Sistem Berbasis Blended
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:28
Last Modified: 17 Jan 2023 04:28
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2703

Actions (login required)

View Item View Item