Nadita, Nadita (2021) HUBUNGAN ORIENTASI PASAR DENGAN INOVASI PRODUK SAYURAN DI KOTA BOGOR JAWA BARAT. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.
|
Text
COVER.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (306kB) | Preview |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
||
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui orientasi pasar yang dilakukan oleh produsen sayuran di Kota Bogor, (2) Untuk mengetahui dan menganalisis inovasi yang telah dilakukan oleh produsen sayuran di Kota Bogor, dan (3) Untuk mengetahui dan menganalisis hubungan orientasi pasar dengan inovasi produk sayuran di Kota Bogor. Metode pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik penarikan sampel menggunakan metode slovin dan proportionate stratified simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 62 kelompok tani dan 15 pelaku usaha hidroponik. Sedangkan metode analisis data dan uji hipotesis yang digunakan adalah analisis korelasi rank spearman, uji validitas dan uji reliabilitas dengan alat bantu SPSS (Statictical Product and Service Solution) versi 22. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Pelaku usaha/petani telah melakukan orientasi pasar yang berkenaan dengan pelanggan, pesaing dan koordinasi antar fungsi, (2) Pelaku usaha/petani telah melakukan inovasi yang berkenaan dengan produk, proses dan output dan (3) Terdapat hubungan orientasi pasar secara positif dan signifikan terhadap inovasi sayuran dibuktikan dari perhitungan korelasi rank spearman dengan menggunakan SPSS diperoleh nilai korelasi sebesar 0,519 dengan nilai sig = 0,000 < 0,05. Adapun hasil per item pertanyaan untuk hubungan rendah terdapat pada memperhatikan kepuasan pelanggan (X2.1) dengan inovasi proses (Y2). Hubungan sangat rendah memenuhi kebutuhan konsumen (X1.1) dan menganalisis kekuatan kelemahan pesaing (X2.1) dengan inovasi produk (Y1).
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sayuran, Orientasi Pasar, Inovasi |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) S Agriculture > SB Plant culture |
Divisions: | Fakultas Pertanian (FAPERTA) > Agribisnis |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 04:12 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 04:12 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2833 |
Actions (login required)
View Item |