Muhamad Rusman, Acep (2020) KEPERCAYAAN PUBLIK PADA SURAT KABAR HARIAN RADAR BOGOR DALAM PEMBERITAAN PEMILU PRESIDEN 2019. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (470kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) | Preview |
Abstract
Kehadiran media sosial sebagai media baru dalam pemenuhan informasi tidak serta merta menutupi kekurangan media mainstream. Banyaknya disinformasi dan berita bohong (hoaks) yang muncul terkait dengan pemberitaan pemilu menyebabkan publik simpang siur memilah informasi yang benar dan informasi yang tidak benar. Bagaimana kepercayaan publik terhadap Surat Kabar Harian Radar Bogor dalam pemberitaan pemilu presiden 2019? enelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kepercayaan publik terhadap Surat Kabar Harian Radar Bogor dalam menyajikan berita pemilu presiden 2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuaitatif. Key informan dalam penelitian ini adalah Redaktur Pelaksana Surat Kabar Harian Radar Bogor, serta pembaca Surat Kabar Harian Radar Bogor yang merupakan anggota partai politik pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 dan pembaca Surat Kabar Harian Radar Bogor anggota partai politik pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02. Hasil penelitian menunjukan kepercayaan publik pada pemberitaan surat kabar harian Radar Bogor terdapat tiga aspek dasar kepercayaan dalam sebuah pemberitaan Aspek kemampuan (Ability) yang mengacu pada kompetensi dan sifat-sifat yang dimiliki oleh seorang individu, kelompok, ataupun organisasi dalam hal meyakinkan orang lain untuk percaya. Pada aspek ini mengulas mengenai bagaimana Surat Kabar Harian Radar Bogor mendapatkan kepercayaan dari pembaca dalam hal kemampuan menyajikan pemberitaan; yaitu aspek kebaikan hati (Benevolence) yang mengulas tentang perhatian, empati, keyakinan dan daya terima yang dimiliki oleh pembaca terhadap penyajian pemberitan pemilihan presiden dan wakil presiden 2019 yang dilakukan oleh Surat Kabar Harian Radar Bogor dan aspek Integritas (Integrity) yang mengulas mengenai integritas Surat Kabar Harian Radar Bogor dalam menyajikan pemberitaan terkait pilpres 2019 yang kemudian dapat membentuk kepercayaan pembaca terhadap Radar Bogor
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan Publik; Pemberitaan; Surat Kabar Harian Radar Bogor |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Komunikasi |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 07:25 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 07:25 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3125 |
Actions (login required)
View Item |