KEPERCAYAAN PUBLIK PADA SURAT KABAR HARIAN RADAR BOGOR DALAM PEMBERITAAN PEMILU PRESIDEN 2019

Muhamad Rusman, Acep (2020) KEPERCAYAAN PUBLIK PADA SURAT KABAR HARIAN RADAR BOGOR DALAM PEMBERITAAN PEMILU PRESIDEN 2019. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Kehadiran media sosial sebagai media baru dalam pemenuhan informasi tidak serta merta menutupi kekurangan media mainstream. Banyaknya disinformasi dan berita bohong (hoaks) yang muncul terkait dengan pemberitaan pemilu menyebabkan publik simpang siur memilah informasi yang benar dan informasi yang tidak benar. Bagaimana kepercayaan publik terhadap Surat Kabar Harian Radar Bogor dalam pemberitaan pemilu presiden 2019? enelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kepercayaan publik terhadap Surat Kabar Harian Radar Bogor dalam menyajikan berita pemilu presiden 2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuaitatif. Key informan dalam penelitian ini adalah Redaktur Pelaksana Surat Kabar Harian Radar Bogor, serta pembaca Surat Kabar Harian Radar Bogor yang merupakan anggota partai politik pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 dan pembaca Surat Kabar Harian Radar Bogor anggota partai politik pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02. Hasil penelitian menunjukan kepercayaan publik pada pemberitaan surat kabar harian Radar Bogor terdapat tiga aspek dasar kepercayaan dalam sebuah pemberitaan Aspek kemampuan (Ability) yang mengacu pada kompetensi dan sifat-sifat yang dimiliki oleh seorang individu, kelompok, ataupun organisasi dalam hal meyakinkan orang lain untuk percaya. Pada aspek ini mengulas mengenai bagaimana Surat Kabar Harian Radar Bogor mendapatkan kepercayaan dari pembaca dalam hal kemampuan menyajikan pemberitaan; yaitu aspek kebaikan hati (Benevolence) yang mengulas tentang perhatian, empati, keyakinan dan daya terima yang dimiliki oleh pembaca terhadap penyajian pemberitan pemilihan presiden dan wakil presiden 2019 yang dilakukan oleh Surat Kabar Harian Radar Bogor dan aspek Integritas (Integrity) yang mengulas mengenai integritas Surat Kabar Harian Radar Bogor dalam menyajikan pemberitaan terkait pilpres 2019 yang kemudian dapat membentuk kepercayaan pembaca terhadap Radar Bogor

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Publik; Pemberitaan; Surat Kabar Harian Radar Bogor
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Komunikasi
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Mar 2023 07:25
Last Modified: 16 Mar 2023 07:25
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3125

Actions (login required)

View Item View Item