PENINJAUAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL (PPI) SEBAGAI UPAYA PERGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK DAN KOGNITIF PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH ALAM AL GIVA

KARTIKA, IKA (2022) PENINJAUAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL (PPI) SEBAGAI UPAYA PERGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK DAN KOGNITIF PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH ALAM AL GIVA. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, 1. Mengetahui hambatan – hambatan yang dihadapi guru dalam perancangan program pembelajaran individual, 2. Mengetahui hambatan – hambatan yang dihadapi guru dalam program motorik kasar, 3. Mengetahui pendapat guru terhadap program pembelajaran individual (PPI) sebagai upaya pengembangan kemampuan motorik dan kognitif siswa ABK, dan 4. Mengetahui kriteria menjadi seorang guru pendamping khusus (GPK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data tematik. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Hambatan – hambatan yang dihadapi guru dalam perancangan program pembelajaran individual diantara yaitu problema yang dihadapi guru dalam mengidentifikasi dan mengasesmen siswa ABK, problema yang dihadapi guru dalam menyusun program pembelajaran individual, dan problema yang dihadapi guru dalam melaksanakan program pembelajaran individual. 2) Hambatan – hambatan yang dihadapi guru dalam program motorik kasar, diantaranya yaitu cara menentukan program motorik kasar yang tepat untuk siswa ABK, dan problema yang dihadapi guru dalam pelaksanaan program motorik kasar. 3) Pendapat guru terhadap program pembelajaran imdividual (PPI) sebagai upaya pengembangan kemampuan motorik dan kognitif siswa ABK, yaitu pengaruh kegiatan motorik kasar terhadap perkembangan kognitif siswa ABK, dan pendapat guru tentang optimalisasi PPI terhadap perkembangan kemampuan motorik dan kognitif siswa ABK. 4) Kriteria dalam memilih calon GPK adalah latar belakang pendidikan dan sifat/kepribadian calon GPK.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Inklusi, identifikasi, asesmen, Program pembelajaran individual (PPI), Motorik kasar, kognitif, siswa ABK.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:44
Last Modified: 18 Aug 2023 04:44
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3355

Actions (login required)

View Item View Item