PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK SELAMA PEMBELAJARAN DARING KELAS VI DI SDN CILEMBER 02

PUTRI, NENDEN SAFIRA (2022) PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK SELAMA PEMBELAJARAN DARING KELAS VI DI SDN CILEMBER 02. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)

Abstract

Keluarga merupakan lingkungan pertama bagi anak dalam berinteraksi sehingga dalam pembentukan karakter atau kepribadian anak tergantung kepada pola asuh keluarga tersebut. Orang tua sangat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Perkembangan psikososial memerlukan peranan orang tua karena merupakan faktor eksternal dalam perkembangan psikososial anak. Keterlibatan orang tua diperlukan untuk pembentukan karakter melalui perkembangan sikap, moral, agama, dan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterlibatan orang tua terhadap perkembangan psikososial anak. Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi kausalitas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cilember 02, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 55 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh keterlibatan orang tua terhadap perkembangan psikososial anak. Dalam perkembangan psikososial terdapat faktor yang mempengaruhi perkembangan psikososial salah satunya lingkungan keluarga. Selama pembelajaran daring anak lebih banyak menghabiskan waktu bersama dengan orang tua hal ini karena pembatasan aktivitas di lingkungan sosial. Oleh karena itu, keterlibatan orang tua berpengaruh terhadap perkembangan psikososial anak. Kata Kunci: Keterlibatan Orang Tua, Perkembangan Psikososial, Kepribadian Anak

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Orang Tua, Perkembangan Psikososial, Kepribadian Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 22 Aug 2023 07:28
Last Modified: 22 Aug 2023 07:28
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3358

Actions (login required)

View Item View Item