MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MEDIA FOTOGRAFI SISWA KELAS III SDN KAUMPANDAK 05 CIBINONG-BOGOR

HAQ, MARISA (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MEDIA FOTOGRAFI SISWA KELAS III SDN KAUMPANDAK 05 CIBINONG-BOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (796kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yang belum mencapai indikator penelitian minimal 75% dari jumlah siswa yang mencapai KKM mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang telah ditetapkan oleh sekolah sebesar 75. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri Kaumpandak 05 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor menggunakan Media Fotografi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Kaumpandak 05 sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan kualitas pembelajaran dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus pertama yaitu 70,60, sedangkan siklus kedua memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,25. Begitu pula dengan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam mengalami peningkatan pada siklus pertama memperoleh nilai ratarata 73,08 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 63,33%, sedangkan hasil belajar siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 82,22 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 80%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penggunaan media fotografi untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri Kaumpandak 05 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Selain itu penggunaan media pembelajaran ini dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Media Fotografi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:58
Last Modified: 26 Sep 2023 02:58
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3367

Actions (login required)

View Item View Item