TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM (Studi Pelaku Usaha Weekend Snack di Kelurahan Muarasari)

Syah, Aulia Yasmin (2022) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM (Studi Pelaku Usaha Weekend Snack di Kelurahan Muarasari). Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
COVER.pdf

Download (604kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (702kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh pelaku usaha Weekend Snack di Kelurahan Muarasari dan juga untuk mengetahui apakah strategi yang diterapkan oleh pelaku usaha Weekend Snack tersebut sudah menerapkan Etika Bisnis Islam. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Miles dan Huberman dan juga matriks daftar cek, pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang dilakukan oleh Weekend Snack dalam melakukan penjualannya menggunakan strategi bauran pemasaran, yaitu Produk dengan menjual produk cacat kemasan dari produk terkenal, Strategi harga yang menawarkan harga lebih murah dari pasaran, strategi tempat dan distribusi dengan cara menawarkan pesan antar gratis jika jarak dekat dan tarif murah bila jarak jauh, dan strategi promosi menggunakan media sosial. Strategi dari Weekend Snack jika ditinjau dengan Etika Bisnis Islam sudah sesuai dengan kelima prinsip etika bisnis Islam seperti Kesatuan dalam memilih produk yang dijualnya Weekend Snack menentukan produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan memperhatikan kehalalan dari produk, Keseimbangan yaitu harga yang ditetapkan sesuai dengan kualitas, Kehendak Bebas yaitu tidak melakukan praktik mal seperti penimbunan barang, dan menumbuhkan sikap tolong-menolong sebagai implikasi kegiatan, Tanggung Jawab yaitu rela mengganti rugi apabila terdapat keluhan konsumen, dan Kebenaran yaitu tidak menyembunyikan kekurangan dari produk yang dijual, oleh karena itu dapat dikatakan bahwa Weekend Snack dalam kegiatan pemasarannya sudah menerapkan Etika Bisnis Islam. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Etika Bisnis Islam, Strategi Pemasaran, UMKM

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Etika Bisnis Islam, Strategi Pemasaran, UMKM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi Syariah (FEI) > Ekonomi Syariah
Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Oct 2023 01:54
Last Modified: 23 Oct 2023 01:54
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3592

Actions (login required)

View Item View Item