Hubungan Motivasi Pembelian Pakaian Second Branded dalam Fenomena Thrifting di Instagram dengan Upaya Meningkatkan Citra Diri pada Mahasiswa (Studi pada Followers akun Instagram @kamarbekas)

Liani, Shabrina Rizky (2023) Hubungan Motivasi Pembelian Pakaian Second Branded dalam Fenomena Thrifting di Instagram dengan Upaya Meningkatkan Citra Diri pada Mahasiswa (Studi pada Followers akun Instagram @kamarbekas). Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (460kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB)
[img] Text
6. BAB IV.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB V.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (405kB)

Abstract

Perkembangan teknologi tidak hanya berpengaruh terhadap media komunikasi yang berkembang dan semakin beragam, tetapi juga menghadirkan warna baru dalam trend fashion yang kian bervariasi (Novarianti & Ardhiyansyah, 2021). Salah satunya adalah trend fashion dengan gaya pakaian vintage yang dapat ditemukan pada thrift shop selaku penyedia berbagai macam pakaian second branded. Merek pakaian ternama seperti nike, Adidas, dan G200 dapat ditemukan di thrift shop dengan harga jual yang terjangkau, maka tak heran jika thrifting belakangan ini menjadi opsi saat berbelanja pakaian (Yuli Saputra, 2022). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi pembelian pakaian second branded dalam fenomena thrifting di Instagram dengan upaya meningkatkan citra diri pada mahasiswa. Metode yang digunakan yaitu pendekatan Kuantitatif dengan metode deskriptif. Analisis data ini menggunakan uji asumsi klasik dengan uji normalitas, multikorelasionalitas, dan heteroskedastisitas, analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan juga uji hipotesis yaitu dengan uji T. Teknik pengumpulan data primer yang digunakan dalam penelitian ini melalui obeservasi kepada beberapa e-commerce thrift shop di Instagram dan kuesioner dengan pertanyaan terstruktur yang bersifat tertutup dengan menggunakan skala Likert sebagai instrument penelitian. Data sekunder pada penelitian ini diperoleh dari literatur terdahulu dan wawancara dengan responden dengan pertanyaan semi terstruktur yang bersifat terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Motivasi pembelian pakaian second branded masuk ke dalam kategori baik didukung oleh dimensi harga terjangkau yang terdapat pada indikator ekonomi dengan perolehan skor tertinggi dan peningkatan citra diri melalui pakaian second branded masuk ke dalam kategori kurang baik didukung oleh peran orang lain yang memperoleh skor kurang baik. Namun, terdapat indikator perbandingan diri dengan orang lain dalam variabel peningkatan citra diri melalui pakaian second branded memperoleh hasil yang baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi antara motivasi pembelian pakaian second branded dengan upaya meningkatkan citra diri pada mahasiswa followers @kamarbekas. Kata kunci: Thrifting, Motivasi Pembelian, Instagram.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Thrifting, Motivasi Pembelian, Instagram.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) > Komunikasi
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2023 01:40
Last Modified: 31 Oct 2023 01:40
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3706

Actions (login required)

View Item View Item