PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENERBITAN SERTIFIKAT TANAH TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KELURAHAN CIKUNDUL DAN KELURAHAN SINDANGSARI KOTA SUKABUMI

Sasmi, Maulida Mawarti (2018) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENERBITAN SERTIFIKAT TANAH TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KELURAHAN CIKUNDUL DAN KELURAHAN SINDANGSARI KOTA SUKABUMI. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (707kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

Pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (BPN) mengeluarkan sebuah buku kepemilikan tanah yang disebut sertifikat tanah. BPN sebagai salah satu Lembaga birokrasi di Indonesia dituntut untuk dapat melaksanakan pelayanan dengan baik. Akibatnya pelayanan publik yang dilaksanakan saat ini masih rendah terhadap tingkat kepuasan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruk Kualitas Pelayanan Penerbitan Sertifikat Tanah Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor BPN Kota Sukabumi. Penelitian ini mengambil teori kualitas pelayanan menurut Zeithaml-Parasurman-Berry dalam Pasolong (2011 : 135) bahwa ada lima dimensi agar mengetahui kualitas pelayanan serta dapat dirasakan oleh konsumen, yaitu : Tangibles (bukti langsung), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tangkap), assurance (jaminan) dan emphaty (empati). Kepuasan masyarakat menurut teori Rahayu dalam Paimin Napitulu (2007 : 170), ukuran kepuasan masyarakat diukur dengan delapan dimensi, yaitu : Information, Consultation, Ordertaking, Hospitality, Caretaking, Exceptions, Billing, Payment. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Uji korelasi digunakan uji Rank Spearman diperoleh nilai korelasi sebessar 0.500 (sedang) dengan arah hubungan positif, artinya hubungan yang searah. Hubungan searah dimaksudkan bahwa jika variable X naik maka variable Y akan naik. Besarnya nilai korelasi / hubungan (R) yaitu sebesar 0.509, sedangkan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.259, dengan kata lain sebesar 25.9% terhadap variable Y yaitu kepuasan masyarakat. Kata kunci : Pelayanan Publik, Pendaftaran Sertifikat Tanah, Kepuasan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Pendaftaran Sertifikat Tanah, Kepuasan Masyarakat.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) > Administrasi Publik
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:38
Last Modified: 31 Oct 2023 02:45
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3715

Actions (login required)

View Item View Item