PENGARUH HIPEREALITAS K-POP IDOL TERHADAP PERILAKU IMITASI MAHASISWA

Rachmah, Fanny Aulia (2023) PENGARUH HIPEREALITAS K-POP IDOL TERHADAP PERILAKU IMITASI MAHASISWA. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
COVER.pdf

Download (967kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (6MB)

Abstract

K-Pop merupakan fenomena yang tengah populer di dunia, termasuk di Indonesia. Penyebaran popularitas K-Pop yang mendunia ini tidak lepas dari adanya komunikasi massa yang terjalin antara K-Pop Idol yang merupakan komunikator dan penggemarnya yang merupakan komunikan melalui media massa. Oleh karena itu penggemar sebagai komunikan mengalami efek komunikasi massa. Efek komunikasi massa yang relevan dalam penelitian ini adalah teori dependensi media, di mana menjelaskan para penggemar K-Pop Idol yang mengalami ketergantungan dengan pesan yang diberikan oleh idolanya, sehingga mempengaruhi kognitif, afektif dan perilaku individu penggemar tersebut. Efek kognitif dan afektif K-Pop Idol dapat menyebabkan hiperealitas, dan efek perilaku yang dapat ditimbulkan adalah perilaku imitasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hiperelitas yang dialami Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Bogor penggemar K-Pop, untuk mengetahui perilaku imitasi yang dilakukan oleh Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Bogor penggemar K-Pop, dan untuk mengetahui pengaruh hiperealitas K-Pop Idol terhadap perilaku imitasi Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Bogor penggemar K-Pop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif. Peneliti menganalisis data yang digunakan untuk menggambarkan pengaruh hiperealitas K-Pop Idol terhadap perilaku imitasi mahasiswa. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan menyebarkan kuisioner secara online kepada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Bogor penggemar K-Pop Idol untuk mengetahui informasi pendapat responden terhadap hiperealitas dan perilaku imitasi yang dialami selama menjadi penggemar K-Pop Idol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probabilitas sampel jenis sampel acak sederhana. Sampel yang ditetapkan sebanyak 100 orang yang telah dihitung menggunakan rumus Slovin. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert untuk mengukur setiap item pernyataan, serta skala pengukuran Weight Mean Score (WMS) untuk menentukan interval skor pernyataan. Teknik pengumpulan data mencakup data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan adalah kuisioner, dan data sekunder yang digunakan adalah wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis menggunakan Uji Signifikansi Parsial (Uji T). Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi sederhana menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara hiperealitas terhadap perilaku imitasi. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukan bahwa R-square (R2 ) atau koefisien determinasi bernilai 68%, yang artinya pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 68%. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan Uji T menunjukan bahwa nilai sig 0,000 < 0,5 dan Thitung 14.695 > Ttabel 1.984, artinya H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh hiperealitas K-Pop Idol terhadap perilaku imitasi mahasiswa. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil analisis data variabel hiperealitas termasuk ke dalam kategori baik yang artinya Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Bogor penggemar K-Pop mengalami hiperealitas, yaitu responden tidak bisa membedakan kenyataan dan fantasi pada proses komunikasi massa yang terjalin antara responden dengan idolanya. Hasil analisis data variabel perilaku imitasi termasuk ke dalam kategori baik yang berarti Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Bogor penggemar K-Pop mengalami perilaku imitasi yaitu memiliki atensi untuk mengobservasi perilaku idolanya yang akan ditiru. Berdasarkan analisis data, terdapat pengaruh dengan signifikansi yang kuat dan positif antara hiperealitas terhadap perilaku imitasi Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Bogor penggemar K-Pop. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti fenomena K-Pop dari sudut pandang hiperealitas dengan pendekatan kualitatif. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat meneliti perilaku imitasi penggemar K-Pop dengan menggunakan teori yang berbeda dari teori imitasi pembelajaran sosial Bandura. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat meneliti pengaruh hiperealitas terhadap perilaku imitasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan meneliti hiperealitas fenomena K-Pop dengan variabel Y yang berbeda. Kata Kunci: Efek Komunikasi Massa, Hiperealitas, Perilaku Imitasi, K-Pop

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Efek Komunikasi Massa, Hiperealitas, Perilaku Imitasi, K-Pop
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) > Komunikasi
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:20
Last Modified: 03 Nov 2023 07:20
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3808

Actions (login required)

View Item View Item