ANALISIS KESULITAN MEMBACA (DYSLEXIA) PADA SISWA ABK KELAS V DI SDN 2 CISAAT

Fitri, Aisyah Nurul (2023) ANALISIS KESULITAN MEMBACA (DYSLEXIA) PADA SISWA ABK KELAS V DI SDN 2 CISAAT. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
cover.pdf

Download (261kB)
[img] Text
Abstrack.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (9kB)

Abstract

Begitu banyak permasalahan di sekolah dasar salah satunya perilaku anak yang dyslexsia yaitu anak yang kesulitan membaca dan tidak ada hubungannya dengan IQ karena biasanya penderita dyslexsia memiliki IQ yang normal sehingga membutuhkan perhatian dan motivasi khusus untuk menumbuhkan semangat bealajarnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui cara mengatasi siswa yang kesulitan membaca di SDN 2 Cisaat. Jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles and Huberman. Aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai data jenuh. Proses penelitian yaitu meliputi: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang kesulitan membaca di kelas V SDN 2 Cisaat disebabkan oleh (1) faktor dari anak yang lahir secara prematur, daya ingat, motivasi belajar, dan dukungan orang tua ; (2) permasalahan yang dihadapi anak yang kesulitan membaca yaitu masalah penyusunan kata yang sistematis dan masalah ingatan jangka pendek ; (3) dan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi siswa kesulitan membaca yaitu manajemen kelas kecil, pendekatan multisensory, adanya aturan kelas, memberikan motivasi khusus meliputi pujian dan bersikap sabar dan ikhlas. Kata Kunci: Analisis, Dyslexia, Kesulitan Membaca.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Dyslexia, Kesulitan Membaca.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:56
Last Modified: 21 Nov 2023 02:20
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3908

Actions (login required)

View Item View Item