PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DISLEKSIA

Anita, Anita (2023) PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DISLEKSIA. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (193kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)

Abstract

Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mengetahui peran guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa disleksia. Metode penelitian ini yaitu postpositivism jenis Simple Research design (SRD). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data penelitian ini menggunakan analisis data tematik. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan member check. Hasil penelitian ini adalah peran guru kelas memiliki peranan sangat besar terhadap tingkat motivasi belajar siswa disleksia yang dapat temui dengan: 1) pendampingan belajar personal yang guru kelas lakukan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa disleksia yaitu: (a) pendampingan belajar meliputi lingkungan belajar dan gaya mengajar guru; (b) dorongan belajar meliputi ketertarikan belajar dan respon ketertarikan belajar; (c) pelajaran menarik meliputi pelajaran interaktif dan media pembelajaran; (d) peran disleksia meliputi komunikasi dan karakter siswa; dan (e) teknologi meliputi fasilitas teknologi dan isi materi. 2) Metode pembelajaran yang diterapkan guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu: (a) metode multisensori meliputi mendengarkan huruf, melihat huruf, dan menulis huruf; (b) metode bercerita meliputi praktek belajar, pemahaman belajar dan interaksi guru dan siswa; (c) metode reading aloud meliputi cara belajar; dan (d) alasan metode meliputi aplikasi metode. 3) Bentuk penguatan yang guru kelas berikan dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu (a) pujian meliputi mengembangkan suasana hati dan melalui tindakan; (b) perhatian meliputi guru ke siswa, guru ke orang tua, dan siswa ke siswa; (c) nilai meliputi pemberian guru; (d) hak istimewa meliputi kegiatan siswa dan pembalas kegiatan. Kata Kunci: Peran Guru Kelas, Motivasi Belajar, Siswa Disleksia

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Kelas, Motivasi Belajar, Siswa Disleksia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:35
Last Modified: 23 Nov 2023 01:35
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3915

Actions (login required)

View Item View Item