Iklima, Siti Nurhalida (2023) KESULITAN BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI SEMERU 6 BOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (522kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (399kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
Abstract
Tunarungu adalah seseorang yang mengalami gangguan atau keterbatasan pada pendengarannya sehingga tidak bisa merespon atau mendengar suara di lingkunga sekitarnya dengan sempurna. Anak tunarungu yang memiliki ganggan pada pendengarannya sehingga tidak bisa mendengar suara dengan sempurna, namun dapat diyakini bahwa meskipun sangat sedikit masih terdapat sisa-sisa pendengaran yang masih bisa dioptimalkan pada anak tunarungu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Negeri Semeru 6 Kota Bogor. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan data menggunakan Model analisis Miles Huberman melalui komponen analisis berupa reduksi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Secara tidak langsung, perkembangan pendidikan inklusif berkaitan dengan presentase yang masuk pada pendidikan regular atau pendidikan formal masih minim, bahkan bisa dikatakan belum ada peningkatan signifikan. Hasil penelitian kesulitan belajar siswa pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Negeri Semeru 6 Kota Bogor menyatakan bahwa kesulitan belajar pada siswa tersebut adalah sulit menangkap materi, belum dapat melafalkan huruf, belum dapat menyambungkan kata, kesulitan membaca. Faktor yang menyebakan siswa kesulitan belajar adalah kurangnya minat dalam belajar, kurangnya kematangan dan kesiapan belajar, kurangnya konsentrasi belajar. Upaya guru dalam mengatasi siswa kesulitan belajar adalah mengulang kembali materi, menyederhanakan tugas, memberikan motivasi, dan memberikan bimbingan belajar. Kata kunci: Kesulitan Belajar, Faktor Kesulitan Belajar, Anak Tunarungu
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar, Faktor Kesulitan Belajar, Anak Tunarungu |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 03:03 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 03:03 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3929 |
Actions (login required)
View Item |