PENGARUH PENGUNAAN MEDIA WAYANG TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDIT DAARUL FATAA BOGOR

Apriliani, Farda (2023) PENGARUH PENGUNAAN MEDIA WAYANG TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDIT DAARUL FATAA BOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL-9.pdf

Download (614kB)
[img] Text
ABSTRAK-9.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB I (1)-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB II (1)-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB III (1)-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
6. BAB IV-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-16.pdf

Download (369kB)

Abstract

Kurang maksimalnya hasil belajar siswa, salah satu penyebabnya yaitu kurangnya fasilitas media yang disediakan oleh sekolah dan kurang intensnya guru dalam penggunaan media maka perlu adanya upaya pendidik untuk melakukan perbaikan dan mengoptimalkan media agar dapat meningkatkan hasil belajar dan mutu pendidikan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wayang terhadap hasil pembelajaran tematik di kelas IV SDIT Daarul Fataa Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif dan desain quasi eksperimen dalam bentuk pretest postest control group design. Teknik pengumpulan datanya dengan cara dokumentasi dan tes. Teknik penentuan sampel nya yaitu menggunakan teknik random sampling, sampel yang digunakan merupakan sampel jenuh karena jumlah keseluruhan populasi digunakan sebagai sampel. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media wayang terhadap hasil pembelajaran tematik di kelas IV SDIT Daarul Fataa Bogor. Hal tersebut diketahui dari hasil uji hipotesis yang menggunakan uji hipotesis parametrik independent sample test dan didapatkan nilai sig.(2-tailed) 0,000. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, pembahasan yang telah dilakukan dan dipaparkan oleh peneliti maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media wayang terhadap hasil pembelajaran tematik di Kelas IV SDIT Daarul Fataa Bogor. Hal tersebut dapat ditunjukan dari hasil uji hipotesis statistik parametric pada nilai postest melalui uji independent sample t-test dengan menggunakan SPSS 22 diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti HI diterima dan H0 di tolak karena p-value (sig) α < 0,05. Kata Kunci : Media Wayang, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Wayang, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:29
Last Modified: 23 Nov 2023 03:29
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3933

Actions (login required)

View Item View Item