Nurhambali, Kiki (2023) ANALISIS PERAN GURU PADA PROGRAM KEAGAMAAN DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA SD AMALIAH. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.
Text
(1)COVER HALAMAN JUDUL.pdf Download (937kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (176kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (849kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis peran guru pada program keagamaan dalam pembinaan akhlak siswa pada siswa SD Amaliah. 2) Menganalisis Kontribusi guru dalam pembentukan akhlak di dalam dan di luar pada siswa SD Amaliah. 3) Menganalisis faktor-faktor yang menghambat dan mendukung pada program keagamaan dalam pembinaan akhlak siswa pada siswa SD Amaliah. 4). Menganalisis dampak peran guru pada program keagamaan dalam pembinaan akhlak siswa pada siswa SD Amaliah. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan metode penelitian menggunakan studi kasus. Data penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari narasumber dan data sekunder berupa arsip dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi Observasi wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Peran guru pada program keagamaan dalam pembinaan akhlak, guru berperan sebagai fasilitator, motivator, pengajar, teladan, pendidik, dan evaluator . 2) Di dalam kelas kontribusi guru memberikanilmu dan pengajaran akhlak sesuai ajaran agama Islam, memberikan nasehat dan pesan moral kepada siswa, dan menggunakan cerita atau kisah sebagai sarana pembelajaran khususnya pada program keagamaan. Sedangkan kontribusi guru dalam pembentukan akhlak di luar kelas yaitu guru melakukan monitoring dan pengawasan kepada siswa, guru mengingatkan dan mengawasi siswa, dan guru memberikan keteladanan yang baik kepada siswa. 3) . Faktor pendukung pada program keagamaan dalam membina akhlak siswa yaitu, fasilitas sarana prasarana, kebijakan program keagamaan, adanya peningkatan keterampilan guru, program keagamaan yang terstruktur, serta, adanya kerjasama antara sekolah dan orang tua. Sedangkan faktor penghambat dalam peran guru pada program keagamaan dalam membina siswa yaitu beberapa orang tua belum mendukung secara penuh pelaksanaan program keagamaan dan kurangnya kesadaran dan motivasi siswa 4). Setelah mengikuti program keagamaan siswa mengalami dampak positif dalam hal akhlak yaitu; Siswa memiliki kepribadian bersyukur, bertaqwa, dermawan, disiplin, hormat, meningkatnya kualitas ibadah,memiliki sifat pemaaf, santun, sopan dan ramah. Kata Kunci: Akhlak,Pembinaan, Peran Guru, Program Keagamaan
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akhlak,Pembinaan, Peran Guru, Program Keagamaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 04:25 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 04:25 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3941 |
Actions (login required)
View Item |