ANALISIS KEBUTUHAN SISWA ATAS MATERI ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL DI KELAS 5 SDN CINAGARA CIGOMBONG

Kanta, Midhat (2023) ANALISIS KEBUTUHAN SISWA ATAS MATERI ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL DI KELAS 5 SDN CINAGARA CIGOMBONG. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
cover.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Abstrack.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (114kB)

Abstract

Media pembelajaran sangat dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan Media pembelajaran dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta kemauan peserta didik sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Tujuan penelitian ini berdasarkan rumusan masalah di atas adalah untuk mengetahui sejauh mana kebutuhan siswa atas materi ilmu pengetahuan alam dan sosial di kelas 5 SDN Cinagara Cigombong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 5 SDN Cinagara Cigombong pada bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2023. Pengumpulan data dalam penelitian ini berbentuk kuesioner, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Mata pelajaran IPAS diimplementasikan dalam Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Adapun melalui penelitian ini kebutuhan materi IPAS dapat disimpulkan ke dalam 3 hal yakni Secara kedudukan dipengaruhi oleh tujuan dan pengorganisasian materi, tujuan pembelajaran materi IPAS masih sejalan dengan kurikulum 2013 yang menggabungkan tujuan IPA dan IPS. Kemudian pengorganisasian materi IPAS menganut Pendekatan terpadu. Adapun kebutuhan materi dalam pencapaian pembelajaran masih ke dalam tiga bentuk, yakni alat peraga, video dan gambar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:38
Last Modified: 23 Nov 2023 06:38
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3945

Actions (login required)

View Item View Item