PENGARUH PERCAYA DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VI SD NEGERI PUSPANEGARA 06

Noviawati, Nita (2023) PENGARUH PERCAYA DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VI SD NEGERI PUSPANEGARA 06. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (566kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan dan ditemukan masalah antara lain: motivasi belajar siswa dalam belajar berbeda-beda, terdapat 14 anak yang memiliki motivasi belajar yang tinggi dan 17 anak memiliki motivasi belajar rendah, siswa tidak percaya diri berbicara (speaking) bahasa Inggris ke depan kelas atau mengeluarkan pendapatnya, siswa takut salah karena tulisan dan cara pengucapan kata dalam bahasa Inggris berbeda sehingga ditertawakan oleh temannya, kurangnya percaya diri saat menjawab pertanyaan guru karena tidak menyukai pelajaran bahasa Inggris, termasuk tampil presentasi ke depan, dan saat mengerjakan soal atau tugas secara mandiri siswa mengerjakan dengan mencontek temannya, hasil belajar siswa rata-rata untuk pelajaran bahasa Inggris dibawah KKM 60. Tujuan penelitian ini untuk menguji seberapa besar pengaruh positif percaya diri terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kelas VI SD Negeri Puspanegara 06, teknik penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasi kausal. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket kuesioner, dengan jumlah responden 31 siswa. Hasil analisis yang diperoleh melalui teknik pengambilan data dengan regresi sederhana dihasilkan arah nilai pengaruh X terhadap Y mempunyai nilai positif dengan nilai constant (a) sebesar 36,859 dan nilai koefisien regresi X atau variabel percaya diri sebesar 0,141 dengan tingkat signifikansi 0,037<0,05 dengan taraf signifikansi 5%. Koefisien determinasi variabel X terhadap variabel Y sebesar 14,13%, dan t hitung 2,186>2,045 t tabel. Sehingga dapat diambil kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh positif percaya diri terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas VI SD Negeri Puspanegara 06. Kata Kunci: Percaya Diri, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:11
Last Modified: 23 Nov 2023 07:11
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3950

Actions (login required)

View Item View Item