HUBUNGAN APLIKASI YOUTUBE DENGAN KEMAMPUAN LISTENING DALAM BAHASA INGGRIS MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS DJUANDA

Pratiwi, Noviana (2023) HUBUNGAN APLIKASI YOUTUBE DENGAN KEMAMPUAN LISTENING DALAM BAHASA INGGRIS MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS DJUANDA. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (659kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)

Abstract

YouTube dapat menjadi platform untuk mengasah kemampuan listening bahasa Inggris bagi banyak individu. Banyak pengguna aktif dari aplikasi YouTube yang masih mengalami kesulitan dalam memahami kosakata atau gaya bicara yang digunakan dalam bahasa asing sehingga belum mampu dalam memahami makna yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aplikasi YouTube dengan kemampuan listening mahasiswa PGSD Universitas Djuanda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik kuesioner. Data dianalisa dengan menggunakan analisis korelasi untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dan terikat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Djuanda program studi PGSD semester IV, dapat diketahui bahwa aplikasi YouTube memiliki hubungan yang sangat kuat dengan kemampuan Listening dengan perolehan nilai normalitas sebesar 0.300 > 0.05, pada uji linearitas didapat hasil sebesar 0.148 > 0.05. Pada uji koefisien korelasi diperoleh nilai sebesar 0.992, sehingga aplikasi YouTube dan kemampuan Listening memiliki hubungan yang sangat signifikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan kuat antara penggunaan aplikasi YouTube dengan kemampuan listening, serta dampak positif dalam berbagai aspek kebutuhan, seperti kemudahan akses terhadap konten yang diminati dan interaksi. Kata Kunci : Aplikasi YouTube, Kemampuan listening, Bahasa Inggris, Video YouTube, Pembelajaran Bahasa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi YouTube, Kemampuan listening, Bahasa Inggris, Video YouTube, Pembelajaran Bahasa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:22
Last Modified: 23 Nov 2023 07:22
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3952

Actions (login required)

View Item View Item