STRATEGI GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA DI SD AMALIAH

Rahmawati, Putri (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA DI SD AMALIAH. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL-10.pdf

Download (592kB)
[img] Text
ABSTRACK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB I-10.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
BAB II-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB III-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-17.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi pengelolaan kelas yang baik dibutuhkan agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam mengelola kelas pada pelajaran bahasa Sunda di kelas tinggi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Amaliah Ciawi, Kabupaten Bogor, khususnya di kelas VI dan V. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah walli kelas VI dan V yaitu sebanyak 8 sesuai dengan jumlah guru yang ada pada kelas VI dan V. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan Teknik obsearvasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa guru mengelola kelas dalam membangun strategi kerja sama peserta didik pada pelajaran bahasa sunda dengan menjalin hubungan baik dengan peserta didik, guru mengetahui latar belakang peserta didik yang berasal dari keluarga sunda dan yang bukan, guru menggunakan model pembelajaran yang bervasiari, dan dalam proses pembelajaran guru selalu memotivasi peserta didik. Seelanjutnya dalam mengatur tata letak ruang kelas guru mengatur tempat duduk dengan pola yang berbeda setiap satu bulan, dan penataan cahaya dinilai cukup baik tidak ada keluhan dari peserta didik. Dalam penanganan perilaku negatif guru memberikan teguran, nasehat dan hukuman untuk mengoptimalan menghindari perilaku negatif yang dilakukan peserta didik pada pelajaran bahasa sunda yaitu guru bersikap tanggap dan perhatian kepada peserta didik. Kata Kunci : Guru, Pengelolaan, Sunda

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Guru, Pengelolaan, Sunda
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:40
Last Modified: 23 Nov 2023 07:40
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3954

Actions (login required)

View Item View Item