PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS V SDN CARINGIN 02 KABUPATEN BOGOR

Monika, Sintia (2023) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS V SDN CARINGIN 02 KABUPATEN BOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
Halaman judul.pdf

Download (607kB)
[img] Text
ABSTAK.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (498kB)

Abstract

Hampir semua pelajaran di sekolah perlu memiliki kemampuan dalam memahami isi teks bacaan, salah satunya pada pelajaran matematika mengenai berhitung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan memecahkan soal cerita matematika di kelas V SDN Caringin 02 Kabupaten Bogor tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif korelasi kausal. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas lima SDN Caringin 02 yang berjumlah 48 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, serta teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas, linearitas, dan homogenitas. Selain itu juga menggunakan persamaan regresi, koefisien determinasi, uji signifikansi, dan analisis hipotesis statsistika. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 31,121 + 0,599x, artinya apabila kemampuan membaca pemahaman bertambah 1%, maka nilai kemampuan memecahkan soal cerita matematika akan bertambah 0,599. Sedangkan koefisien determinasi diperoleh sebesar 27,4%, artinya terdapat pengaruh variabel prediktor terhadap variabel kreterium sebesar 27,4%. Untuk Uji signifikansi diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai ????ℎ???????????????????? sebesar 4,164 > ???????????????????????? 2,013. Sesuai dengan kriteria jika ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? maka Haditerima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh kemampuan membaca pemahaman (X) terhadap kemampuan memecahkan soal cerita matematika (Y). Kata Kunci : Kelas V SD, Membaca Pemahaman, Soal Cerita Matematika

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kelas V SD, Membaca Pemahaman, Soal Cerita Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 03:06
Last Modified: 24 Nov 2023 03:06
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3964

Actions (login required)

View Item View Item