EKSPLORASI KEBHINEKAAN GLOBAL DALAM PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI KELAS V SD NEGERI CIMANDE 02

Khoeratunisa, Siti (2023) EKSPLORASI KEBHINEKAAN GLOBAL DALAM PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI KELAS V SD NEGERI CIMANDE 02. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
a. Halaman Judul.pdf

Download (803kB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (191kB)
[img] Text
C. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
d. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
e. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
f. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)
[img] Text
g. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
h. Daftar Pustaka.pdf

Download (421kB)

Abstract

Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu upaya pemerintahan bagi dunia pendidikan di Indonesia dalam menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat melalui pendidikan dengan pembentukan perilaku siswa dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila seperti memiliki jiwa berkebhinekaan global dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun diluar sekolah atau lingkungan rumah. Dengan begitu siswa akan menyadari keberagaman, menghormati dan melestarikan setiap budaya yang tidak menutup kemungkinan dari perkembangan budaya secara global. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kebhinekaan global dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas V SD Negeri Cimande 02. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan model pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data melalui bracketing, intuiting, analyzing dan describing. Teknik analisis di dalam penelitian ini menggunakan Nvivo 12 Plus for windows. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Responden penelitian ini yaitu 1 kepala sekolah, 2 guru kelas V dan 6 siswa kelas V. Berdasarkan hasil penelitian, kebhinekaan global dalam proyek profil pelajar Pancasila yaitu meliputi Bogor Ngaos, gotong royong, menghargai antar sesama, menghargai tradisi, saling bekerja sama, mengenalkan pakaian adat, tarian daerah, lagu daerah, merayakan hari nasional, tidak memilih-memilih teman, menghargai pendapat, selalu berpakaian sesuai aturan sekolah yang telah disepakati agar memiliki tanggung jawab dan menumbuhkan suatu perubahan setelah adanya penerapan kebhinekaan global, serta memiliki beberapa tantangan pada peserta didik di antaranya yaitu peserta didik yang pendiam, pemalu dan hiperaktif. Kemudian terdapat tantangan dari sarana yaitu kurangnya bangku dan media pembelajaran seperti proyektor, adapun tantangan dari lingkungan keluarga yaitu orang tua masih kurang mendukung akan kegiatan yang dilakukan oleh anaknya di sekolah. Kata Kunci: Eksplorasi, Kebhinekaan Global, Profil Pelajar Pancasila

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Eksplorasi, Kebhinekaan Global, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 03:15
Last Modified: 24 Nov 2023 03:15
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3966

Actions (login required)

View Item View Item