PENGARUH MODEL STEAM DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN SILIWANGI

Andriani, Sri (2023) PENGARUH MODEL STEAM DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN SILIWANGI. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
COVER SKRIPSI SRI ANDRIANI .pdf

Download (387kB)
[img] Text
Abstrak SKRIPSI SRI ANDRIANI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I SRI ANDRIANI H. 1910638.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB II SRI ANDRIANI H.1910638.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
BAB III SRI ANDRIANI H.1910638.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
BAB IV SRI ANDRIANI H.1910638.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB V SRI ANDRIANI H.1910638.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SRI ANDRIANI.pdf

Download (168kB)

Abstract

Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan. Pendidikan sendiri mempunyai tujuan untuk meningkatkan potensi manusia, agar dapat menjadi manusia yang berguna bagi lingkungan sekitarnya. Dengan begitu, siswa perlu untuk mengasah kemampuan berpikir kritis agar siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh penggunaan model STEAM dengan pendekatan design thinking terhadap peningkatan keterampilan berpikir siswa kelas V di SDN Siliwangi. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif Metode Eksperimen, Design Yang Digunakan Ialah Eksperimen Semu (Quasi Eksperimental Research) Dengan Jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di kelas VA dan VB yang berjumlah 49 siswa. Data yang diambil merupakan hasil tes yang berikan berupa tes essay. Tes yang diberikan dalam penelitian ini terdiri dari 10 pertanyaan. hasil uji Normalitas dan uji homogenitas terhadap data dinyatakan normal dan homogen. Berdasarkan uji hipotesis yang dilaksanakan dapat di katakana Ha diterima jika nilai Sig < 0,05. Dalam penelitian ini uji-t diperoleh nilai sig 0,002 < 0,05 maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dengan menggunakan model pembelajaran Sciene, Technology, Engineering, Art and Matchematic (STEAM) dengan pendekatan Design Thinking terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SDN Siliwangi. Kata Kunci: STEAM, Design Thinking, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: STEAM, Design Thinking, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 03:51
Last Modified: 24 Nov 2023 03:51
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3970

Actions (login required)

View Item View Item