PENGARUH STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, TEST (PQRST) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 01 PASIRMUNCANG

Mafruhah, Uly Al (2023) PENGARUH STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, TEST (PQRST) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 01 PASIRMUNCANG. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (26kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman membaca seorang siswa dianggap penting untuk keberhasilan kegiatan belajar selama di sekolah. Hal ini dikarenakan semua mata pelajaran memerlukan pemahaman konsep dan teori yang dapat dipahami melalui kegiatan membaca salah satunya membaca intensif, yaitu membaca dengan cermat untuk memahami teks atau membaca isinya dengan benar dan tepat. Akan tetapi, membaca intensif siswa dinilai kurang dan berdampak pada proses pembelajarannya. Oleh karena itu, pada proses pembelajaran membaca terdapat strategi Preview, Question, Read, Summarize, Test (PQRST) yang diharapkan mampu menjembatani permasalahan dalam proses belajar membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Preview, Question, Read, Summarize, Test (PQRST) terhadap peningkatan kemampuan membaca intensif pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 01 Pasirmuncang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Data penelitian ini diperoleh menggunakan tes essay hasil dari nilai pretest dan posttest. Hasil analisis data dalam penelitian ini dapat dilihat dari hasil uji Independent sample T-test Sig. 2-tailed diperoleh hasil Sig. 0,000 < 0,05 maka keputusan Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini didukung dengan hasil perolehan skor rata-rata pretest kelas eksperimen 50,446 sedangkan pretest kelas kontrol 48,500 dan perolehan skor rata-rata posttest kelas eksperimen 84,554 sedangkan posttest kelas kontrol 69,333. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dengan memberikan perlakuan strategi PQRST terhadap peningkatan kemampuan membaca intensif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 01 Pasirmuncang. Kata kunci: Strategi PQRST, Membaca Intensif, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi PQRST, Membaca Intensif, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 04:25
Last Modified: 24 Nov 2023 04:25
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3975

Actions (login required)

View Item View Item