PENGARUH MODEL STEAM DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN CIBURIAL

Maria, Yayang Sri (2023) PENGARUH MODEL STEAM DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN CIBURIAL. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (388kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstract

Model STEAM dengan pendekatan design thinking merupakan strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan pengetahuan, membantu menjawab pertanyaan dengan berdasarkan penyelidikan, sehingga penerapan model STEAM dengan pendekatan design thinking ini memiliki kelebihan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model STEAM dengan pendekatan design thinking terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Ciburial. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi eksperimental research) dengan jenis posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Ciburial. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 orang dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis berbentuk soal esai. Analisis penelitian menggunakan uji MannWhitney U yang dilakukan dengan cara membandingkan data posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian memperoleh nilai sig. 0,032, dimana nilai sig. 0,032 < 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model STEAM dengan pendekatan design thinking terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Ciburial. Kata kunci: STEAM, Design Thinking, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: STEAM, Design Thinking, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:49
Last Modified: 24 Nov 2023 06:49
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3981

Actions (login required)

View Item View Item