PERAN GURU SEBAGAI TELADAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA PEMBIASAAN DI SEKOLAH

Prihatini, Nurul (2023) PERAN GURU SEBAGAI TELADAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA PEMBIASAAN DI SEKOLAH. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (199kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

Terjadinya perilaku tidak disiplin peserta didik di sekolah menunjukkan adanya permasalahan dalam peran guru sebagai teladan. Karena untuk dapat membentuk karakter disiplin peserta didik di sekolah diperlukan seorang guru. Peran guru sebagai teladan adalah sosok yang menjadi panutan bagi seluruh peserta didik dan juga masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan peran guru sebagai teladan dalam menunjukkan akhlak mulia, 2) mendeskrispsikan peran guru dalam menunjukkan tanggung jawab dan 3) mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk karakter disiplin peserta didik melalui budaya pembiasaan di SDN Batutulis 1 Bogor. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi.Analisis data menggunakan bantuan aplikasi Nvivo 12 Pro for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran guru sebagai teladan dalam menunjukkan akhlak mulia di SDN Batutulis 1 adalah guru yang dapat menunjukkan teladannya dengan bersikap tulus tanpa pamrih, sabar, jujur dan sopan santun. 2) Peran guru sebagai teladan dalam menunjukkan tanggung jawab adalah guru yang bertanggung jawab melaksanakan aturan tata tertib dan bertanggung jawab menjaga kebersihan lingkungan sekolah. 3) Strategi yang guru lakukan dalam membentuk karakter disiplin peserta didik melalui budaya pembiasaan adalah guru membuat kesepakatan kelas, kegiatan pembiasaan serta pemberian reward dan hukuman. Sehingga dengan strategi tersebut dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Kata Kunci: Guru, Teladan, Karakter, Disiplin, Pembiasaan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Guru, Teladan, Karakter, Disiplin, Pembiasaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:46
Last Modified: 27 Nov 2023 02:46
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3986

Actions (login required)

View Item View Item