Efektivitas Model Kurikulum Rekonstruksi Sosial Berkarakter Agama dalam Mencegah Penyimpangan Perilaku Seksual Remaja

amir, mahrudin and asmil, ilyas and Megan Asri, Humaira (2020) Efektivitas Model Kurikulum Rekonstruksi Sosial Berkarakter Agama dalam Mencegah Penyimpangan Perilaku Seksual Remaja. SEMNAS 2020. pp. 1012-1031.

[img]
Preview
Text
Rekapitulasi_Efektifitas Model Kurikulum Rekonstruksi Sosial Berkarakter Agama Dalam Mencegah Penyimpangan Perilaku Seksual Remaja ok.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/file/d/11sZoakLq4LHudAi7W...

Abstract

Kondisi Indonesia dalam keadaan darurat penyimpangan perilaku seksual remaja saat ini. Hal ini akan meningkat terus pada masa mendatang, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karenanya, kita harus memiliki perhatian terhadap masalah ini. Sebab, akan berdampak buruk pada kualitas masa depan bangsa. Solusi untuk mencegahnya melalui pendidikan. Tujuan penelitiannya untuk mengetahui, menganalisis dan mengembangkan kurikulum rekonstruksi sosial berkarakter agama dalam mencegah penyimpangan perilaku seksual remaja. Metode penelitiannya adalah penelitian terapan lapangan dengan lokasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, interview, angket, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil uji hipotesis diketahui bahwa kurikulum rekonstruksi sosial berkarakter agama adalah efektif dalam mencegah penyimpangan perilaku seksual remaja. Pada aspek kognitif (nilai Fo = 1,318 dan sig. = 0,225 < 0,05), remaja mampu berpikir positif, sehat dan lurus. Aspek apektif (nilai Fo = 1,578 dan sig. = 0,197 < 0,05), mampu menilai antara perilaku seksual yang benar dan salah. Aspek psikomotorik (nilai Fo = 0,980 dan sig.= 0,404 > 0,05), mampu mewujudkan perilaku seksual remaja yang benar dan mencegah dari yang menyimpang. Maka fungsi sosial agama Islam memberikan solusi untuk mengoreksi, memperbaiki, dan mengarahkan perilaku manusia, sehingga terjadi harmonisasi kehidupan dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andri Brawijaya
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:35
Last Modified: 08 Sep 2021 02:35
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/905

Actions (login required)

View Item View Item