METODE MEMBACA GAMBAR DAN SUKU KATA (GASUKA) UNTUK SISWA DISLEKSIA DALAM KELAS INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR ISLAM FITRAH AL FIKRI DEPOK

Annesa, Fathya (2020) METODE MEMBACA GAMBAR DAN SUKU KATA (GASUKA) UNTUK SISWA DISLEKSIA DALAM KELAS INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR ISLAM FITRAH AL FIKRI DEPOK. Diploma thesis, Universitas Djuanda.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)

Abstract

Fathya Annesa. NIM: H. 1610481 metode membaca gambar dan suku kata (gasuka) untuk meningkat kemampuan membaca siswa disleksia dalam kelas inklusif di SDIF Al Fikri Depok. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mendeskripsikan proses penggunaan metode membaca gambar dan suku kata (gasuka), 2. Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat menggunakan metode gasuka, dan 3. Mendeskripsikan kemampuan membaca siswa disleksia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data lewat observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun latar dari penelitian ini yaitu Sekolah Dasar Islam Fitrah Al-Fikri Depok. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa gambaran proses penggunaan metode membaca gambar dan suku kata dalam kelas inklusif berupa: 1) Proses penggunaan suku kata gasuka yang dilakukan oleh guru pendamping berupa persiapan penggunaan metode gasuka seperti mnyiapkan buku dan kartu baca kemudia proses penggunaan dengan memberikan bimbingan belajar dan memvariasikan dengan permainan, 2) faktor pendukung penggunaan metode gasuka adalah penggunaan variasi permainan, pemberian reward dan faktor penghambat penggunaan metode gasuka adalah siswa mengalami gangguan ADHD, siswa sulit membedakan huruf yang hampir sama, 3) Kemampuan membaca siswa menjadi lebih baik dimana siswa mampu menggabungkan suku kata menjadi kata yang sebelumnya siswa sulit untuk mengenail konsep bentuk huruf. Kata Kunci: Disleksia, Metode Gasuka, Kemampuan Membaca

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 06 Oct 2021 02:09
Last Modified: 06 Oct 2021 02:09
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1046

Actions (login required)

View Item View Item