STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN MBKM DALAM RANGKA PENINGKATAN INDIKATOR KINERJA UTAMA PERGURUAN TINGGI

Kardaya, Dede (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN MBKM DALAM RANGKA PENINGKATAN INDIKATOR KINERJA UTAMA PERGURUAN TINGGI. Jurnal Sosial Humaniora, 13 (1). pp. 71-81. ISSN 2087-4928

[img]
Preview
Text
JURNAL NASIONAL S4 STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM MBKM.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SIMILIARITY STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM MBKM.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://ojs.unida.ac.id/JSH/article/view/5048

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dialami oleh Universitas Djuanda dalam melaksanakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)pembelajaran serta menentukan strategi terbaik untuk pengembangan program MBKM pembelajaran ke depannya. Responden berjumlah 16 orang yang berasal dari perwakilan pimpinan, dekan, kaprodi, dan dosen. Hasil menunjukkan bahwadalam analisis lingkungan, program MBKM yang dilaksanakan Universitas Djuanda berada pada matriks I (pertumbuhan), adapun melalui matriks SWOT diperolehstrategi untuk pengembangan program MBKM yaitu Memperkuat perolehan hibah terkait MBKM dan keikutsertaan dosen dan mahasiswa pada program MBKM nasional, Membuat kebijakan dan sosialiasinya yang dapat mengukuhkan program MBKM, Memperkuat kurikulum melalui lokakarya kurikulum serta teknis implementasi, Meningkatkan pemahaman dan motivasi dosendan mahasiswa mengenai MBKM, Memperkuat koordinasi dan kerjasama antara Dikjar, fakultas/prodi dengan unit kerjalain di Universitas Djuanda, Meningkatkan kerjasama dengan semua pihak yang pernah bekerjasama sebelumnya di program terdahulu, Melakukan inisiasi kerjasama baru yang melibatkan banyak pihak.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Pertanian (FAPERTA) > Peternakan
Depositing User: Andri Brawijaya
Date Deposited: 12 Dec 2022 08:38
Last Modified: 12 Dec 2022 08:38
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2237

Actions (login required)

View Item View Item