PENGGUNAAN KOMUNIKASI NONVERBAL GURU KELAS DENGAN SISWA TUNARUNGU DALAM PROSES PEMBELAJARAN ( STUDI KASUS KELAS II SDN CITAPEN 1 KABUPATEN BOGOR )

KURNIAWATI, RIA and Rasmitadila, Rasmitadila (2019) PENGGUNAAN KOMUNIKASI NONVERBAL GURU KELAS DENGAN SISWA TUNARUNGU DALAM PROSES PEMBELAJARAN ( STUDI KASUS KELAS II SDN CITAPEN 1 KABUPATEN BOGOR ). Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (614kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (478kB)

Abstract

ABSTRAK Ria Kurniawati: NIM: H.1510563. “Penggunaan Komunikasi Nonverbal Guru Kelas Dengan Siswa Tunarungu Dalam Proses Pembelajaran Studi Kasus Kelas II SDN Citapen 1 Kabupaten Bogor” Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan komunikasi nonverbal antara guru kelas (GK) dengan siswa tunarungu (ST) dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SDN Citapen 01 Kabupaten Bogor. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus menggunakan langkah-langkah yang dikemukakan oleh Creswell (2014). Guru kelas dan satu orang siswa tunarungu diamati dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Wawancara juga dilakukan pada guru kelas II A menggunakan panduan wawancara semi-terstruktur untuk menentukan kategori penggunaan komunikasi nonverbal menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian ini digambarkan dalam profil penggunaan komunikasi nonverbal,yang menunjukkan bahwa kategori penggunaan komunikasi nonverbal yang digunakan terdiri dari tiga kategori; yaitu jenis komunikasi nonverbal, hambatan dalam penggunaan komunikasi nonverbal serta upaya guru untuk meningkatkan intensitas komunikasi nonverbal. Penggunaan komunikasi nonverbal dalam penelitian ini mengubah paradigma belajar selama pelajaran bahasa Indonesia dari siswa tunarungu yang pasif menjadi aktif. Kata kunci: Tunarungu, komunikasi nonverbal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Ahmad Ghazi Amajida
Date Deposited: 25 Jul 2020 06:04
Last Modified: 25 Aug 2020 02:18
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/28

Actions (login required)

View Item View Item