IMPLEMENTASI KURIKULUM DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

Safitri, Jaihan and Aliyyah, Rusi Rusmiati and Gafar, Awaludin Abdul IMPLEMENTASI KURIKULUM DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. E-Journal Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI_KURIKULUM_DALAM_MANAJEMEN_BERBASIS_SE.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penyebab mutu pendidikan tidak mengalami peningkatan secara merata jika ditinjau dari segi sistem memang terdapat masalah, ada beberapa faktor yang peneliti rangkum yaitu: kebijakan dan penyelenggaraan pendidikan nasional, perlunya diberikan otonomi yang besar kepada sekolah yang disertai manajemen sekolah yang bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Dalam Manajemen Berbasis Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar (SD) di SDN Pasawahan Cicurug. Penelitian ini dilakukan pada SDN Pasawahan Cicurug Kabupaten Sukabumi menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan: (1) Implementasi MBS di SDN Pasawahan Cicurug sudah terlaksana dengan baik dan sudah memenuhi standar yang diselenggarakan secara profesional melalui manajemen sekolah dengan menghasilkan kesatuan pengelolaan sekolah yang unggul dan berkualitas; (2) Kurikulum 2013 dilakukan secara utuh, baik pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan tematik dengan pengaturan kurikulum dan pembelajaran dengan ciri khas menerapkan budaya atau kebiasaan literasi kurikulum dengan pembelajaran berbasis sekolah; (3) Hubungan sekolah dengan masyarakat di SDN Pasawahan Cicurug meliputi kegiatan, adanya peran serta orang tua dan masyarakat, komite sekolah, dan DUDI dengan berpedoman pada prinsip-prinsip implementasi manajemen berbasis sekolah. Penelitian ini dibatasi dengan pelaksanaan kurikulum dan hubungan sekolah dengan masyarakat.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Andri Brawijaya
Date Deposited: 15 Feb 2023 08:37
Last Modified: 15 Feb 2023 08:37
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2905

Actions (login required)

View Item View Item