PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN KERTAMAYA KOTA BOGOR

MARDIANA, IDA (2020) PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN KERTAMAYA KOTA BOGOR. Other thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

da Mardiana. NIM. H1610109. Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Kertamaya. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. Metode diskusi merupakan suatu metode pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk berdialog dan bertukar pendapat dengan tujuan agar siswa terdorong untuk berpartisipasi aktif, termotivasi dan mendapatkan pemahaman pembelajaran yang bermakna dan melatih pembentukan sikap bertanggung jawab dalam memecahkan permasalahan dalam kegiatan belajar. Permasalahan utama yang terjadi di lapangan yaitu rendahnya motivasi dan hasil belajar IPA siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menerapkan metode pembelajaran diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode diskusi terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Kertamaya Kota Bogor. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain nonequivalent control group desain. Data diperoleh dengan menggunakan teknik tes hasil belajar, angket, observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai t hitung > t tabel (4,793 > 1,999) dengan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 ( p = 0,000 < 0,005). Dan hasil motivasi belajar siswa memperoleh nilai t hitung > t tabel ( 12,195 > 1,999) dengan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 ( p = 0,000 < 0,05). Hasil dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode diskusi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kertamaya Kota Bogor. Kata kunci: Metode Diskusi, Motivasi, Hasil Belajar, IPA

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Motivasi, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:07
Last Modified: 30 Aug 2021 02:07
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/864

Actions (login required)

View Item View Item