PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS IV SDN BANJARWARU 01 KECAMATAN CIAWI KABUPATEN BOGOR

FEBRIANTI, INDA (2020) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS IV SDN BANJARWARU 01 KECAMATAN CIAWI KABUPATEN BOGOR. Other thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL .pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Inda Febrianti NIM H.1610207 Pengaruh Aktivitas Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV SDN Banjarwaru 01. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda. 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi fungsional. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Banjarwaru 01 yang berjumlah 52 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena menggunakan seluruh populasi sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur aktivitas belajar dan soal uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 22.0 dan penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana yang terlebih dahulu menggunakan analisis korelasi dengan metode Rank Spearman. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh analisis korelasi Rank Spearman dengan hasil rhitung > rtabel (0,286 > 0,273) pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa adanya hubungan antara variabel aktivitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Kemudian hasil penelitian ini menunjukan bahwa persamaan regresi yaitu hasil pengujian melalui analisis regresi menunjukkan adanya kesamaan regresi Ŷ 18,910 + 0,286 X sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh aktivitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan hubungan yang berbanding lurus dimana semakin tinggi aktivitas belajar maka semakin naik kemampuan pemecahan masalah matematika. Koefisien determinasi yaitu 0,2862 = 0,082 atau 8,2% variabel aktivitas belajar menentukan variabel kemampuan pemecahan masalah matematika. Uji signifikansi menggunakan uji t hingga diperoleh nilai, thitung > ttabel (0,2114 > 0,2008) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil kesimpulan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara aktivitas belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas IV SDN Banjarwaru 01. Kata kunci : aktivitas belajar, kemampuan pemecahan masalah, matematika sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, kemampuan pemecahan masalah, matematika sekolah dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:07
Last Modified: 30 Aug 2021 02:07
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/867

Actions (login required)

View Item View Item