ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI KELAS INKLUSIF

ROSMIASARI, NENG TANTRI (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI KELAS INKLUSIF. Other thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB)

Abstract

Neng Tantri Rosmiasari. (H.1610027). Analisis Implementasi Pembelajaran Menggunakan Kurikulum 2013 untuk Anak Siswa Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kelas Inklusif. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. (2020). Pendidikan inklusif adalah suatu strategi dalam pendidikan dimana siswa ABK dan siswa reguler dapat mengikuti pendidikan secara bersama-sama di sekolah reguler (umum). Kurikulum yang digunakan penting untuk kelangsungan pembelajaran, dan kurikulum yang digunakan kurikulum yang terintegrasi antara siswa ABK dan siswa reguler atau kurikulum yang tidak sesuai dengan karakteristik siswa ABK. Dengan demikian peneliti melakukan penelitian pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 untuk siswa ABK. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru menggunakan kurikulum 2013 sesuai dengan karakteristik siswa ABK, 2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 sesuai dengan karakteristik siswa ABK, 3) Penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru menggunakan kurikulum 2013 sesuai dengan karakteristik siswa ABK, 4)Peran sekolah dalam mengimplementasikan pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 untuk siswa ABK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan telaah artikel. Adapun latar penelitian ini yaitu di SDN 2 Cisaat dan SDN Manggishilir. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa gambaran implementasi pembelajaran kurikulum 2013 untuk siswa ABK bahwa RPP yang digunakan belum sesuai dengan karakteristik siswa ABK, dalam pelaksanaan guru menggunakan metode dan media yang sesuai dengan karakteristik siswa ABK dan penilaian yang digunakan masih terintegrasi dengan siswa reguler. Kata Kunci : Implementasi kurikulum 2013, pendidikan inklusif, pembelajaran ABK

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi kurikulum 2013, pendidikan inklusif, pembelajaran ABK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2021 03:17
Last Modified: 31 Aug 2021 03:17
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/870

Actions (login required)

View Item View Item