PENGELOLAAN KESISWAAN DALAM MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN (Studi Kasus di SDIT At-Thoriq Caringin Bogor)

SOFIYANTI, MAYA (2020) PENGELOLAAN KESISWAAN DALAM MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN (Studi Kasus di SDIT At-Thoriq Caringin Bogor). Other thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
SKRRIPSI - DEWI KANIA NURHABIBAH (H.1610401)-dikonversi.docx.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Maya Sofiyanti, 2020. Pengelolaan Kesiswaan dalam Menciptakan Suasana Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. Salah satu yang menjadi alasan peneliti melakukan penelitian di sekolah ini yaitu banyak orang tua yang ingin memasukan anak-anaknya ke SDIT At-Thoriq. Padahal dilihat dari segi pemasaran SDIT At-Thoriq tidak menyebarluaskan informasi melalui brosur, spanduk ataupun media sosial lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan kesiswaan dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan efisien di SDIT At-Thoriq Caringin Bogor. Jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan pengelolaan kesiswaan dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan efisien dilakukan mulai dari penerimaan peserta didik baru yang dilakukan dengan sistem administrasi dan seleksi. Adapun beberapa hal yang dilakukan pada saat pelaksanaan penerimaan peserta didik baru yaitu meliputi pembentukan panitia, rapat penerimaan, pembuatan pengumuman, pemasangan pengumuman, pendaftaran, seleksi, rapat penentuan, pengumuman calon peserta didik yang diterima dan pendaftaran ulang. Melakukan kegiatan pembinaan kedisiplinan peserta didik melalui kegiatan keagamaan, keteladanan, bimbingan dan ekstrakurikuler serta adanya pengembangan diri yang dilakukan melalui kegiatan pramuka, taekwondo, marching band, paduan suara, kesenian, kursus bahasa inggris dan bahasa arab, komputer, marawis dan tahfizul quran. Kata kunci: Maya Sofiyanti, 2020. Pengelolaan Kesiswaan dalam Menciptakan Suasana Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. Salah satu yang menjadi alasan peneliti melakukan penelitian di sekolah ini yaitu banyak orang tua yang ingin memasukan anak-anaknya ke SDIT At-Thoriq. Padahal dilihat dari segi pemasaran SDIT At-Thoriq tidak menyebarluaskan informasi melalui brosur, spanduk ataupun media sosial lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan kesiswaan dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan efisien di SDIT At-Thoriq Caringin Bogor. Jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan pengelolaan kesiswaan dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan efisien dilakukan mulai dari penerimaan peserta didik baru yang dilakukan dengan sistem administrasi dan seleksi. Adapun beberapa hal yang dilakukan pada saat pelaksanaan penerimaan peserta didik baru yaitu meliputi pembentukan panitia, rapat penerimaan, pembuatan pengumuman, pemasangan pengumuman, pendaftaran, seleksi, rapat penentuan, pengumuman calon peserta didik yang diterima dan pendaftaran ulang. Melakukan kegiatan pembinaan kedisiplinan peserta didik melalui kegiatan keagamaan, keteladanan, bimbingan dan ekstrakurikuler serta adanya pengembangan diri yang dilakukan melalui kegiatan pramuka, taekwondo, marching band, paduan suara, kesenian, kursus bahasa inggris dan bahasa arab, komputer, marawis dan tahfizul quran. Kata kunci: pengelolaan, kesiswaan, pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, kesiswaan, pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:19
Last Modified: 31 Aug 2021 04:19
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/877

Actions (login required)

View Item View Item