PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE DEDISCERTA

APRILIA, MEGA (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE DEDISCERTA. Other thesis, FKIP.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)

Abstract

Mega Aprilia. Nim : H. 1610170 Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode DeDisCerTa Siswa Kelas IV SDITASY-SYIFA QOLBU. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui metode DeDisCerTa. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi kewajiban asasi dan hak asasi manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi fungsional metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling jenis purposive sampling, karena ada pertimbangan tertentu dalam penelitian. Dengan jumlah sampel kelas IV sebanyak 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, angket, soal tes, dan dokumentasi. Analisis data untuk variabel X diambil dari angket mengenai respon peserta didik terhadap metode DeDisCerTa dan untuk data variabel Y diambil dari soal tes mengenai materi kewajiban dan hak asasi manusia mata pelajaran pendidikan kewarganegaran. Yang selanjutnya data yang sudah didapatkan di analisis uji normalitas, uji linearitas, uji persamaan regresi, uji determinasi, dan uji signifikansi. Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan membaca pemahaman pada pendidikan kewarganegaraan melalui metode DeDisCerTa yang ditunjukkan dari hasil perhitungan koefisien korelasi data atau persamaan regresi yang didapat bahwa nilai Fhitung = 124,757 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel Metode DeDisCerTa atau dengan kata lain ada pengaruh variabel Metode DeDisCerTa (X) terhadap variabel Kemampuan Membaca Pemahaman (Y). Adapun nilai determinasi kemampuan membaca pemahaman pada pendidikan kewarganegaraan melalui metode DeDisCerTa sebesar 86,2 %. Kata kunci : Kemampuan Membaca Pemahaman, Pendidikan Kewarganegaraan, Metode DeDisCerTa

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Pemahaman, Pendidikan Kewarganegaraan, Metode DeDisCerTa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:03
Last Modified: 06 Sep 2021 02:03
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/887

Actions (login required)

View Item View Item