Pangestu, G and Nasution, Ali and Efendi, Irwan PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA. UnidaPress.
|
Text
pengaruh model pembelajaran.pdf Download (957kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapanmodel pembelajaran Picture and Picturetehadap minat belajar IPS siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi yaitu siswa kelas IV MI Uswatun Hasanah tahun pelajaran 2018/2019, siswa kelas IV A (21 siswa) dan IV B (19 siswa) dijadikan sampel. Sampel ditentukan dengan teknik sampling random sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan angket minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan, ialah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji (one sample t-test) terdapat perbedaan minat belajar IPS yang signifikansi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Dilihat dari rata-rata nilai pada kedua kelompok diketahui nilai kelompok edsperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol (74,28>67,63). Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikansi antara siswa yang diterapkan model pembelajaran Pictur and Pictur dengan siswa yang diterapkan metode ceramah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Andri Brawijaya |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 02:20 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 02:20 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/943 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |